hero
Ilustrasi sex education (Huffington Post)

EDITOR : REZA ADITYA

25 Oktober 2016, 11:55 WIB

INDONESIA

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) prihatin dengan meningkatnya jumlah kekerasan seksual terhadap anak setiap tahunnya. Anggota KPAI Erlinda mengatakan untuk menekan jumlah kekerasan seksual terhadap anak, perlu diterapkan sex education di sekolah.

"Harus dikuatkan dari dunia pendidikan, oleh karena itu sangat penting sekali jika program edukasi seks dibangun di dunia pendidikan," kata Erlinda, Selasa, 25 Oktober 2016. "Mengajarkan anak sex education secara benar."

Erlinda mengatakan edukasi tentang seks kepada anak secara dini sangat penting. Dia optimistis edukasi seks dapat menurunkan tigkat kekerasan seksual terhadap anak. Keluarga, kata dia, juga harus menepis anggapan tabu ketika membicarakan tentang seks kepada anak. 

Ilustrasi kekerasan terhadap anak (NET.Z)

 

"Mungkin di level sekolah dasar (SD) sudah harus punya bekal pendidikan tentang alat reproduksi dan bagaimana menjaganya," kata dia. "Jika mereka melakukan hal tidak sesuai dengan usianya, harus diberitahu konsekuensi yang akan dihadapi anak."

Dalam kasus kekerasan seksual, Erlinda menyoroti banyaknya anak yang juga menjadi pelaku. Seperti kasus yang terjadi di Sragen. Seorang bocah SD kelas VI di Kecamatan Tanon nekat memperkosa seorang balita yang masih tetangganya sendiri.

Kasus lainnya terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur. Tujuh orang bocah memperkosa anak yang masih berusia lima tahun. "Ini sudah menjadi kedaruratan. Pemerintah juga harus turun tangan terkait upaya perlindungan anak."

Hasil pemantauan KPAI sejak tahun 2011 sampai tahun 2014, terjadi peningkatan kekerasan seksual terhadap anak. Pada tahun 2011 ada sebanyak 2178 kasus, di tahun 2012 menigkat menjadi 3512 kasus.

Selanjutnya pada tahun 2013 sebanyak 4311 kasus kekerasan seksual terjadi pada anak. Di tahun 2014 kembali meningkat menjadi 5066 kasus.

MAYFREE SYARI

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments