EDITOR : DASNITA M. SINAGA

20 Oktober 2016, 05:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Siapa yang gak kenal Leonardo DiCaprio, aktor tampan pake banget ini, sering  wara-wiri di film layar lebar Hollywood. Bahkan hampir semua filmnya berhasil menduduki urutan teratas box office. Kemampuan aktingnya gak usah diragukan lagi, berbagai penghargaan bergengsi pernah diraih.

Selama 25 tahun berkarier Leo hampir tidak pernah tertimpa gosip miring.

Namun sayang, baru-baru ini Leonardo DiCaprio diduga terlibat dalam skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang melibatkan sejumlah politikus dunia.

Skandal 1MDB diduga terjadi setelah pebisnis kontroversial Malaysia, Jho Low dan Red Granite Pictures, ikut berinvestasi ke dalam salah satu film Leo yang berjudul The Wolf of Wall Street.

Red Granite Pictures sendiri didirikan oleh Joey McFarland dan Riza Aziz yang merupakan anak tiri perdana menteri Malaysia, Najib Razak. Sementara di film The Wolf of Wall Street, Leo juga bertindak sebagai produser bersama Joey McFarland, Riza Aziz, serta Martin Scorsese.

Melalui perwakilannya, aktor 41 tahun ini mengatakan yayasan amal miliknya akan mengembalikan hadiah atau sumbangan yang diberikan kepadanya jika dana tersebut terbukti berasal dari dana kekayaan 1MDB, yang sedang diselidiki atas tuduhan pencucian uang.

Pemenang Golden Globe dalam film The Revenant ini, mengatakan ia bekerja sama dengan otoritas AS untuk menentukan apakah uang itu berasal dari sumber yang patut dipertanyakan.

 "Dia segera telah wakilnya menjangkau Departemen Kehakiman untuk menentukan apakah dia atau yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation (LDF), pernah menerima hadiah atau sumbangan amal langsung atau tidak langsung terkait dengan partai-partai, dan jika demikian, untuk kembali mereka hadiah atau sumbangan sesegera mungkin, " kata perwakilan Leonardo.

"Semua kontak diprakarsai oleh Bapak DiCaprio dan LDF," lanjutnya.

 Leonardo DiCaprio Foundation, didirikan pada tahun 1998, mendukung berbagai proyek lingkungan hidup.

 Aktor, yang memenangkan Oscar pada tahun 2016, juga merupakan duta PBB untuk perubahan iklim, tapi saat ini Leo sedang berada di bawah tekanan dari beberapa aktivis lingkungan untuk mundur dari jabatannya.

 

REUTERS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments