hero
Tersangka kasus korupsi e-KTP Sugiharto ditahan KPK (NET\Melisa)

EDITOR : OCTOBRYAN

19 Oktober 2016, 21:40 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setelah 2,5 tahun menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), akhirnya penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan mantan Direktur Pengelola Informasi dan Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemdagri) Sugiharto.

Sugiharto yang mengenakan rompi orange terlihat keluar gedung KPK sekitar pukul 14.00. Dengan menggunakan kursi roda dan dibantu tim pengacaranya, Sugiharto masuk mobil tahanan yang membawanya ke rumah tahanan Guntur, Jakarta Selatan.

Sugiharto ditahan di Rutan Guntur, Jakarta Selatan (NET|Melisa)

Kuasa hukum Sugiharto, Soesilo Ariwibowo mengatakan, kliennya ditahan dalam kondisi sakit. Dari hasil pemeriksaan dokter KPK, kliennya  saat ini menderita penyakit komplikasi, seperti sakit pada bagian otak, toksoplasma, dan kencing manis. Akibatnya, Sugiharto kesulitan mengingat peristiwa yang menjeratnya sebagai tersangka.

Tim pengacara, lanjut Soesilo, sempat mengajukan keberatan dengan penahanan yang dilakukan penyidik. Meski demikian, Sugiharto ternyata menyetujui penahanan agar kasus ini segera dituntaskan KPK.

Sugiharto ditahan usai menjalani pemeriksaan (NET\Melisa)

"Secara manusiawi kami sebenarnya keberatan terhadap penahanan ini. Tapi, Pak Sugiharto sendiri menginginkan kasus ini segera selesai," ujarnya, Rabu, 19 Oktober 2016.

Mengenai kondisi kesehatan Soegiharto, Soesilo menjelaskan, bahwa tim dokter KPK telah menjamin untuk memberikan perawatan selama kliennya ditahan. Selain itu, pihaknya berupaya mengajukan permohonan penangguhan penahanan kepada KPK.

"Tadi sudah diperiksa kesehatannya, kami berharap tim dokter memberikan perawatan yang baik pada Pak Sugiharto selama dalam tahanan. Kami coba ajukan penangguhan penahanan," tambahnya.

BACA JUGA:
Agus Marto Mangkir Panggilan KPK
Gamawan Fauzi Tantang Nazarudin Soal Korupsi E-KTP
KPK Dalami Peran Panitia Proyek Korupsi E-KTP
Ombudsman Temukan Carut Marut Masalah E-KTP Di Tanggerang

Sugiharto ditetapkan sebagai tersangka KPK sejak 2014. KPK masih terus mengusut dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Lembaga antirasuah itu kini sedang menelusuri aliran dana proyek e-KTP. Nilai kerugian akibat korupsi ini diduga mencapai Rp 2 triliun.

Penyidik KPK juga telah memeriksa mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan memanggil mantan Menteri Keuangan Agus Martowardoyo. Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, ada banyak hal yang perlu digali dari keduanya, seperti soal aliran dana, proses tender proyek, dan anggaran. KPK juga sedang menelusuri keterangan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin bahwa banyak pihak yang menikmati proyek senilai Rp 6 triliun tersebut.

Dalam kasus ini, KPK juga menetapkan mantan Dirjen Dukcapil Irman sebagai tersangka. KPK menyatakan Irman terlibat kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP pada 2011- 2012.

MELISSA ESTER | HAFIZH BAIHAKI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments