hero
Pertemuan Barcelona dan City. (mirror)

EDITOR : TITO SIANIPAR

19 Oktober 2016, 13:05 WIB

SPANYOL

Pertandingan Liga Champions Barcelona melawan Manchester City akan menjadi ujian kedua bagi Pep Guardiola yang kini menangani City. Pep kembali ke mantan kandangnya dengan misi 'balas dendam'.

Tandang pertama Pep ke Nou Camp adalah ketika menukangi Bayern Munchen pada 2015 lalu. Di babak semi final, Pep dengan Bayernnya harus mengakui keunggulan Barcelona dengan agregat 3-5.

Kini Pep kembali ke kandang Barcelona dengan tim yang baru. "Saya perlu mengetahui kemampuan tim saya secepat mungkin, dan pertandingan ini adalah tes yang bagus," kata Pep. "Kami baru beberapa bulan bersama. Saya masih berusaha mengenal pemain."

Pertemuan Pep dan Enrique sebagai pelatih. (BBC)

Ketika menangani Barcelona selama 4 tahun hingga 2012, Pep sukses memenangkan 14 piala. Dari situ, ia menangani Bayern Munchen selama tiga tahun dan mengoleksi 7 piala. Di awal musim 2016-2017 Pep hijrah ke Inggris menangani Manchester City.

Melawan Barcelona, kata Pep, adalah ujian yang bagus. "Karena kami melawan tim terbaik," ujar pelatih 45 tahun itu. "Selain itu, kami juga membutuhkan poin untuk bisa lolos ke babak selanjutnya," imbuh dia.

Barcelona sementara memimpin Grup C dengan 6 poin dan City mengikuti di bawahnya dengan 4 poin. Dua tim lainnya adalah Glasgow Celtic dengan 1 poin, dan Borussia Moenchengladbach yang belum dapat poin.

Sesi latihan City dan Barcelona jelang laga. (AP & dailymail)

Pelatih Barcelona Luis Enrique menilai pertandingan melawan Pep dan City bukan persaingan, melainkan lebih ke persahabatan. Hubungan personal Enrique dengan Pep memang terbangun cukup lama di Barcelona.

Enrique sendiri memuji Pep yang menyisakan jejak bagus di Barcelona. "Kalian bisa melihat hasil tangan Guardiola di sini," kata Enrique. "Kami berbagi menangani pemain yang sama. Adalah kehormatan berbagi pertandingan ini sebagai manajer."

City dan Barcelona sama-sama dalam kondisi yang bagus saat ini. Penyerang Lionel Messi dipastikan bisa kembali bermain setelah cidera pada liga akhir pekan lalu. Hal yang sama juga terjadi pada gelandang Kevin de Bruyne.

Ditanya bagaimana cara menangani Messi, Pep mengatakan, "Saya tidak tahu. Sangat sulit mengontrol talenta semacam itu." Lebih lanjut bahkan Pep menggoda Messi untuk bermain dengannya jika ingin meninggalkan Barcelona. "Siapa tahu dia ingin anaknya bisa berbahasa Inggris."

BBC | THE SUN | DAILYMAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments