hero
Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan sebagai menteri ESDM dan Arcandra Tahar sebagai wakil menteri ESDM di Istana Negara (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

14 Oktober 2016, 18:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan sebagai menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) serta Arcandra Tahar sebagai wakilnya. Sejatinya, pelantikan yang dilakukan di Istana Negara itu dihadiri juga oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Namun, saat pelantikan Jumat siang tadi, Kalla tidak hadir. Kalla saat ini sedang berada di Makassar membuka forum kerja sama The 3rd Brunai, Indonesia, Malaysia, Philippines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) and Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Trade Expo, Conference and Business Matching 2016.

Suasana pelantikan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai wakilnya di Istana Negara (NET)

 

Kalla mengaku tak mempermasalahkan pelantikan menteri baru tanpa kehadirannya. Dia mengklaim sesaat sebelum pelantikan, Jokowi, sapaan Joko Widodo, sudah berkomunikasi melalui sambungan telepon. "Saya baru bicara pada presiden, menyampaikan jam 2 waktu Jakarta," kata Kalla, di Makassar, Jumat, 14 Oktober 2016.

Menurut Kalla, prose penunjukan Jonan dan Arcandra memang terkesan terburu-buru. Musababnya, pagi sekitar jam 10.00 WIB, Jokowi meminta pertimbangan Kalla terkait figur yang cocok mengisi jabatan sebagai menteri energi. "Sebelumnya, ada pembicaraan tentu, tapi tidak menyangkut orang, hanya syarat saja."

Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar mengucap sumpah saat dilantik menjadi menteri ESDM dan wakil menteri (NET)

 

Kalla mengklaim cukup puas dengan pilihan Jokowi menunjuk Jonan-Arcandra sebagai pimpinan menteri energi."Salah satunya harus non-partai kita yang prinsip harus profesional," ujar dia.

DEDE ROHALI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments