hero
Warga Thailand mendoakan kesehatan Raja Bhumibol Adulyadej di rumah sakit Siriraj, Bangkok (REUTERS)

EDITOR : OCTOBRYAN

13 Oktober 2016, 21:05 WIB

THAILAND

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej dikabarkan telah meninggal dunia pada Kamis, 13 Oktober 2016 dalam usia 88 tahun. Demikian pernyataan Istana Kerajaan Thailand seperti dikutip Reuters.

"Pada pukul 15.52, beliau meninggal dunia dengan tenang di RS Siriraj," demikian pernyataan Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand.

Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok (REUTERS) 

Dalam beberapa bulan terakhir kondisi Bhumibol memburuk. Pekan lalu, pihak kerajaan mengatakan kondisinya tidak stabil setelah melakukan cuci darah.

Sebelum kematian Raja Bhumibol, seluruh anggota keluarga kerajaan berkumpul di Rumah Sakit Siriraj. Selama lebih dari satu tahun terakhir, Raja Bhumibol dirawat di rumah sakit itu.

Kesehatan Raja Bhumibol menurun setahun terakhir (REUTERS)

Ratusan warga di Bangkok juga mendoakan kesehatan simbol tertinggi Thailand ini di depan Rumah Sakit sembari mengenakan pakaian bernama pink. Warna yang dipercaya warga Thailand bisa mendatangkan kesembuhan bagi rajanya.

Selama berkuasa, Bhumibol menyaksikan 17 kali kudeta militer, termasuk dua kudeta dalam 10 tahun terakhir yaitu terhadap PM Thaksin Shinawatra (2006) dan PM Yingluck Shinawatra (2014). Bhumibol memimpin Thailand dengan kharisma yang dimilikinya. Dia pun dicintai oleh seluruh rakyat Thailand.

Rakyat Thailand mendoakan kesembuhan Raja Bhumibol (Reuters)

Kemungkinan besar, posisi Bhumibol akan digantikan putra mahkota Pangeran Vajiralongkorn, 64 tahun, yang merupakan putra satu-satunya hasil pernikahan Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. Namun sebagai calon raja, Vajiralongkorn tidak terlalu populer di mata masyarakatnya. 

Raja Bhumibol terakhir kali muncul di hadapan publik pada 11 Januari silam. Saat itu ia menghabiskan beberapa jam untuk mengunjungi istananya di kota Bangkok. Raja Bhumibol telah berkuasa di Thailand selama 7 dekade.

Kerajaan Thailand mengumumkan masa berkabung selama satu tahun.

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments