EDITOR : PUTU DYAH

23 September 2016, 06:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pensil warna ternyata punya fungsi lain selain buat mewarnai. Salah satunya jadi seperti ini.

Foto: NET/ Ari Priambodo 

Di tangan Larasati Dewangga Putri, warna-warni pensil dalam kayu berubah jadi aksesori menarik. Ada anting, kalung, headpiece dan banyak lagi. Lewat brand Moth Jewellery, cewek lulusan rancang busana ini menyalurkan ide dan minatnya di bidang seni. Hasilnya juga menggiurkan dengan omset sebanyak Rp 2 juta-Rp 9 juta per bulan.

Produk yang ada sekarang nggak langsung dia buat begitu saja. Awalnya Laras sering melihat bentuk-bentuk simetris dari majalah arsitektur atau saat datang ke pameran contemporary art. Cewek ini mulai serius menggeluti pembuatan aksesoris setelah karyanya menang di Lomba Perancang Aksesori tahun 2010. Setidaknya butuh waktu setahun untuk mengumpulkan ide dan menemukan cara paling pas mengkreasikan pensil warna.

Karya yang membawa Laras jadi pemenang LPA 2010. (Foto: Instagram @mothjewellery)

Laras menangani semua proses produksinya sendiri. Mulai dari merancang, menghitung jumlah yang dibutuhkan dan memotong pensil dalam bentuk kecil. Potongan-potongan ini kemudian ditempel rapat dengan lem, sesuai desain yang sudah dibuat. Selanjutnya proses yang penting dan rumit, yaitu mengamplas. Gabungan pensil-pensil ini dihaluskan dan bentuknya dirapikan agar hasilnya simetris.

Laras mengurus desain dan pembuatan secara mandiri. (Foto: NET/ Ari Priambodo) 

Kemudian disemprot pernis supaya warnanya lebih muncul dan mengkilap. Terakhir proses finishing dengan menambah pelengkap seperti rantai kalung atau logam untuk cincin. Laras membutuhkan waktu sehari untuk membuat produk dengan desain sederhana atau dua minggu untuk yang desainnya lebih rumit.

Kreasi Laras sering dipakai untuk peragaan busana. (Foto: Instagram @mothjewellery)

Sekarang perhiasan unik dari pensil warna banyak diburu orang karena desainnya yang nggak biasa. Selain dipakai untuk sehari-hari, produk yang dijual seharga Rp 50 ribu–Rp 895 ribu ini juga banyak dilirik untuk peragaan busana.  

APRISTIKA FAUZIA 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments