hero
Basuki Tjahaya Purnama dan Djarot Syaiful Pasangan Cagub-Cawagub dari Partai PDIP. (NET/Ivan)

EDITOR : OCTOBRYAN

20 September 2016, 21:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  akhirnya mengumumkan pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta yang akan diusung pada pemilihan gubernur 2017. Pasangan yang diusung PDIP adalah Basuki Tjahaya Purnama dan Djarot Saiful Hidayat alias pasangan petahana.

"Sudah diputuskan bahwa pasangan yang akan diusung adalah Ahok-Djarot untuk Pilgub DKI Jakarta," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasti Kristianto, di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa, 20 September 2016. 

Ketua umum PDIP gelar pertemuan dengan Ahok-Djarot (Istimewa)

Dikatakan, alasan utama PDIP memilih pasangan Ahok-Djarot karena partai itu ingin keberlanjutan proses pembangunan di Ibu Kota. Hal itu melihat dari respons masyarakat yang ingin agar pasangan ini kembali memimpin Jakarta.

Baca Juga:
Terpidana Percobaan Boleh Ikut Pilkada, DPR: Silakan Gugat
KPU Wajibkan Calon Petahana Cuti Saat Pilkada
Jelang Pilkada 2017, KPK Buka Loket Pendaftaran LHKPN Calon Kepala Daerah
Jelang Pengumuman Cagub DKI, Ahok Sowan ke Rumah Megawati

Pasangan petahana ini juga memiliki visi dan misi yang sama dengan partai berlambang banteng monong putih itu dalam membangun Jakarta sebagai ibu kota negara. Semangat nasionalisme dan pluralisme dalam membangun Jakarta sebagai barometer Indonesia mendorong PDIP memilih pasangan ini.

Pimpinan Partai Perjuangan Demokrasi Indonesia Perjuangan mengumumkan sejumlah calon kepala daerah. (NET/Ivan)

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, jumlah kursi DPRD DKI sebanyak 106 kursi yang diisi 10 partai politik. Untuk bisa mengusung pasangan bakal calon gubernur, dibutuhkan sedikitnya 22 kursi.
 

Ahok-Djarot mendapat dukungan dari NasDem (5 kursi), Hanura (10 kursi), PDIP (28 kursi), dan Golkar (11 Kursi) dengan total 54 kursi atau lebih dari 50 persen dukungan.

PDIP mengumumkan calon kepala daerah untuk 101 daerah dalam Pilkada serentak 2017 mendatang. Selain mengumumkan cagub dan cawagub DKI Jakarta, PDIP juga mengumumkan pasangan cagub/cawagub yang diusungnya untuk enam daerah lainnya. Sementara KPU sendiri menggelar 101 Pemilihan kepala daerah dalam Pilkada serentak 2017.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments