EDITOR : PUTU DYAH

14 September 2016, 11:30 WIB

INDONESIA

Chinese food termasuk daftar makanan terenak di dunia. Kuliner ini juga gampang kita temukan. Apalagi China Town tersebar di berbagai tempat. Selain nikmatnya, ada juga lho fakta-fakta unik dari makanan Cina.

Mirip seperti di Indonesia, orang Cina biasanya makan dengan nasi dan lauk pauk. Ini untuk memenuhi dua komponen yaitu Fan dan Cai. Fan adalah semua makanan yang berasal dari biji beras mengandung karbohidrat yaitu nasi. Lalu berkembang ke olahan tepung lainnya, seperti mi, dim sum dan sio may.

Mi dengan berbagai olahan yang khas masakan Cina. (Foto: NET CHEF’S TABLE) 

Sedangkan cai adalah kelompok yang berupa lauk-pauk. Isinya bisa sayuran, daging ayam, ikan atau sumber makanan lainnya. Makanan cai bisa diolah dengan berbagai cara, baik direbus, kukus atau goreng.

Masakan Cina juga banyak yang dibuat dalam potongan besar. Hal ini untuk memudahkan pengambilannya dengan sumpit. Beberapa jenis lauk seperti bebek, ayam atau ikan sering disajikan dalam bentuk utuh. Saat ada tamu, masyarakat Tionghoa akan mengarahkan bagian kepala masakannya ke mereka. Kebiasaan ini sebagai bentuk penghormatan pada orang yang diberi jamuan makan.

Berbagai lauk yang disajikan dalam bentuk utuk. (Foto: NET CHEF’S TABLE) 

Masyarakat Cina juga membuat makanan berkuah seperti sup. Tapi ada bedanya dengan sup di Eropa. Biasanya di negara barat, masakan ini berfungsi sebagai appetizer atau hidangan pembuka. Kalau di Cina, sup justru dimakan paling akhir setelah selesai menyantap makanan lainnya. Orang-orang Negeri Tirai Bambu percaya kalau sup bisa membuat pencernaan lebih baik.  

Es krim dengan tampilan sekarang pertama dikreasikan di Cina. (Foto: NET CHEF’S TABLE) 

Coba tebak es krim yang sering kita makan sekarang asalnya dari mana, Italia atau Amerika? Ternyata makanan dingin ini pertama kali dikreasikan di Cina. Ceritanya dulu, Kaisar Tang dari Dinasti Sang punya selera tinggi soal makanan. Dia nggak mau kalau es yang terbuat dari salju disajikan begitu saja. Akhirnya salju dicampur dengan susu sapi dan tepung sampai membentuk tekstur es krim seperti yang kita kenal sekarang.

Lalu resep es krim semakin meluas setelah Marcopolo datang ke Cina. Penjelajah ini membawa rahasia pembuatan es krim sampai ke negaranya di Italia. Rasa dan bentuk es krim pun semakin berkembang ke berbagai tempat di dunia.

NET CHEF’S TABLE 

9

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments