hero
Istana Negara. (wikipedia)

EDITOR : TITO SIANIPAR

9 September 2016, 10:44 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sejumlah menteri dan Kepala Badan Intelejen Negara Sutiyoso dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. Isu kembalinya Arcandra Tahar ke kabinet dan pergantian Kepala BIN menjadi pembahasan.

Menteri-menteri yang datang ke Istana antara lain Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Kepala BIN Sutiyoso juga terlihat masuk ke dalam Istana.

"Belum hari ini," kata Yasonna kepada wartawan, di Istana, Jumat, 9 September 2016, ketika ditanya apakah pemanggilannya terkait status WNI Arcandra dan akan kembali dilantik sebagai Menteri ESDM. Menurutnya, ia datang untuk rapat kabinet.

Posisi Menteri ESDM saat ini masih dijabat sementara oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Panjaitan, pasca dicopotnya Arcandra pada 27 Juli 2016 lalu. Arcandra dicopot karena ketahuan memiliki dua kewarganegaraan; Amerika dan Indonesia.

Belakangan, Arcandra melepas kewarganegaraan Amerikanya dan pemerintah, melalui Yasonna, menyatakan status kewarganegaraan Indonesianya sudah dipulihkan. Surat Yasonna tanggal 1 September 2016 menjelaskan Arcandra tetap WNI.

Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan pemanggilan Yasonna ke Istana memang terkait Arcandra. "Presiden ingin mendengar secara langsung dari Pak Menteri Hukum dan HAM. Salah satunya mengenai status Pak Arcandra," kata Johan, kemarin 8 September 2016 malam.

Selain soal posisi Menteri ESDM, pergantian juga akan terjadi pada posisi Kepala BIN. Sutiyoso akan segera diganti Komisaris Jenderal Budi Gunawan pasca disahkannya pencalonan Budi Gunawan dalam rapat paripurna DPR kemarin. 

Budi Gunawan diajukan Jokowi sebagai calon tunggal Kepala BIN untuk menggantikan Sutiyoso. Pencalonan Budi Gunawan berlangsung mulus di DPR, mulai dari Komisi III hingga paripurna.

Sutiyoso sendiri yakin Budi Gunawan bisa membawa BIN menjadi lebih baik. "Dia salah satu polisi terbaik yang kita miliki," kata Sutiyoso di Istana. "Presiden sudah mempertimbangkan matang-matang," tambah dia.

INDRA RAHARJA | WIBISONO NOTODIRDJO

BACA JUGA: 
Status WNI Arcandra Tahar Kembali
Sinyal Wapres JK Kembalinya Arcandra Sebagai Menteri ESDM
Sah! DPR Loloskan Budi Gunawan Kepala BIN
Budi Gunawan: Nggak Ada Lagi Kasus Arcandra di Pemerintahan!

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments