hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

7 September 2016, 16:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Rumah dapat menceritakan karakter si pemilik rumah. Rapi kah sang pemilik rumah? Kalem kah? Ceria kah? Tradisional kah? Daaaan sifat-sifat lainnya.

Jangan ragu untuk mendesain rumah sejujur-jujurnya. Karena tak ada benar dan salah di sini. Nah, terkait desain mendesain, mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, gimana caranya mengekspresikan diri lewat rumah? Untuk kamu yang masih bingung, ini ada contohnya, sebuah rumah di Jakarta milik warga Prancis, Bibi.

Bibi adalah seorang wanita yang super kreatif, ceria dan amat menghargai tradisi. Sifat-sifat Bibi ini, akan langsung kamu rasakan begitu memasuki rumahnya. Gak percaya? Yuk kita intip dalam rumahnya.

Di ruang makannya, kap lampu menjadi pusat perhatian. Kap, dilapisi kain batik. Wayang pun menjadi hiasan utama di meja makan. “Saya ingin mendekorasi ruangan ini bertema batik. Jadi saya mulai dengan menemukan motif untuk taplak meja. Dan satu persatu saya buat seperti gaya tradisional.”

Lampu batik (NET)
Ruang makan (NET)

Apresiasi Bibi terhadap budaya Indonesia juga terlihat di dinding. Potongan kebaya menjadi lis, mempercantik penampilan dinding. Lewat kreasinya ini, ia ingin menunjukkan bahwa warisan budaya itu amat penting.

Dinding berhias kebaya (NET)

Kreatifitas Bibi terlihat jelas di ruang keluarga. Di ruang ini, ia memanfaatkan barang lama dengan fungsi baru, seperti laci bekas yang ia jadikan hiasan dinding. Ide ini, amat layak kamu tiru!

Dengan penempatan yang tepat, laci bisa menjadi tempat kamu menyimpan berbagai benda lucu di rumah.

Hiasan dinding dari laci (NET)

Di ruang belajar anak, Bibi menaruh kulkas! Bukan untuk menyimpan makanan, tapi untuk menyimpan buku. Yup! Kulkas bekas, ia ubah fungsinya menjadi lemari buku. Keren ya idenya!

Lemari buku dari kulkas bekas (NET)

Bibi tidak alergi berbelanja furnitur atau hiasan rumah di pasar loak. Baginya, tak masalah memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai oleh orang lain. Seperti mesin tik yang ia temukan di pasar loak di Yogyakarta, juga meja rias dan lemari  yang juga ia beli di pasar loak.

Sifat riang Bibi terlihat jelas dari tangga rumahnya. Setiap anak tangga ia cat dengan warna-warni yang ceria.

Tangga penuh warna (NET)

Bagi Bibi, rumah adalah tempat di mana kreativitas setiap anggota keluarga dapat dituangkan. Rumah juga tempat untuk menciptakan berderet momen istimewa bersama keluarga. Tak cuma itu, Bibi juga ingin rumahnya menjadi tempat yang hangat dan nyaman untuk orang-orang berkunjung.

Itu cerita tentang rumah Bibi yang jujur menggambarkan diri Bibi. Semoga bisa membuat kamu terinspirasi untuk menciptakan rumah yang ‘kamu banget.’

NET D'SIGN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments