EDITOR : PUTU DYAH

3 September 2016, 15:05 WIB

JAWA TENGAH, INDONESIA

Berjarak 12 kilometer dari puncak Gunung Merapi, ada kawasan wisata Jurang Jero, di Desa Srumbung, Magelang, Jawa Tengah. Walaupun bernama jurang, tempat ini nggak menyeramkan. Pemandangannya justru berupa hutan pinus yang dilengkapi dengan rumah pohon. View ini pas banget buat para penggemar selfie.

Rumah pohon di Jurang Jero. (Foto: NET/ Agung Nugroho)

Tapi kalau mau foto-foto di sini ada syaratnya nih. Kamu harus ikut menanam pohon sebagai bentuk pelestarian hutan lereng Merapi. Pengelola tempat wisata yang berasal dari Forum Merapi Merbabu Hijau, Kelompok Tani Ijo dan Perum Perhutani sudah menyediakan berbagai jenis bibit pohon.

Setelah menanam bibit, kita baru bisa berkeliling tempat wisata, naik ke rumah pohon dan tentunya take a selfie. Setiap pengunjung dikenai Rp 5 ribu untuk satu bibit pohon sekaligus biaya perawatannya. Selain itu tidak ada retribusi lain yang harus dibayar.

Jurang Jero banyak menarik wisatawan muda. (Foto: NET/ Agung Nugroho)

Tempat wisata konservasi ini dikelola secara swadaya. Penanaman pohon sambil wisata selfie sengaja dipilih sebagai cara untuk mengembalikan kelestarian hutan Merapi pasca kebakaran tahun 2014 lalu. Jadi nggak cuma memuaskan hobi foto, kita bisa ikut peduli lingkungan lewat wisata ini.

AGUNG NUGROHO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments