hero
Foto ilustrasi: Reuters/Mike Blake

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

1 September 2016, 06:05 WIB

INDONESIA

Jalan kaki terbukti menjadi olahraga yang sepele, murah dan gampang dilakukan tapi dengan efek yang optimal. Dengan hanya berjalan kaki, kalori yang ada di tubuh akan terbakar dan lepas menjadi energi. Selain itu, jalan kaki juga membantu menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kenapa kalori yang menumpuk harus dilepaskan dari tubuh? Kalori yang didapat dari makanan dan minuman akan menumpuk di tubuh, contohnya dalam bentuk perut buncit atau lengan bergelambir bila aktivitas sehari-hari tidak seimbang. Idealnya jumlah kalori yang masuk ke tubuh harus seimbang dengan aktivitas yang dilakukan agar badan tidak gemuk. Aktivitas yang dimaksud ialah berolahraga atau bergerak secara aktif.

Lalu berapa banyak sih kalori yang terbakar dari hanya berjalan kaki?

Orang dengan berat antara 54 kilogram – 63 kilogram:

Berjalan pelan (4,8 kilometer per jam): selama 15 menit membakar 50 kalori, selama 30 menit membakar 100 kalori dan selama satu jam sebanyak 200 kalori

Berjalan cepat (8 kilometer per jam): selama 15 menit membakar 95 kalori, selama 30 menit membakar sebanyak 185 kalori dan selama sejam akan membakar 370 kalori

Naik tangga: selama 15 menit membakar 120 kalori, selama 30 menit membakar 240 kalori dan selama sejam bisa 275 kalori.
 

Orang dengan berat antara 63 kilogram – 73 kilogram:

Berjalan pelan (4,8 kilometer per jam): selama 15 menit membakar 60 kalori, selama 30 menit membakar 112 kalori dan selama sejam bisa 225 kalori

Berjalan cepat (8 kilometer per jam): selama 15 menit membakar 100 kalori, selama 30 meit membakar 214 kalori dan sejam bisa membakar 430 kalori

Naik tangga: selama 15 menit efektif membakar 130 kalori, selama 30 menit membakar 275 kalori dan selama sejam mampu membakar 545 kalori

Orang dengan berat 73 kilogram sampai 82 kilogram

Berjalan pelan (4,8 kilometer per jam): selama 15 menit membakar 65 kalori, selama 30 menit membakar 127 kalori dan selama sejam bisa 255 kalori yang terurai

Berjalan cepat (8 kilometer per jam): selama 15 menit membakar 115 kalori, selama 30 menit membakar 245 kalori dan selama sejam bisa 485 kalori

Naik tangga: selama 15 menit bisa menguraikan 155 kalori, selama 30 menit bisa membakar 310 kalori dan selama sejam bisa 620 kalori

Kesimpulannya, semakin berat badan kamu maka kalori yang terbakar setiap menitnya akan semakin banyak dari berjalan kaki. Namun yang perlu diingat ialah, lakukan jalan kaki secara rutin dan bertahap durasinya.

Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis, digoreng, berlemak, bersantan atau berpengawet setelah jalan kaki. Bayangkan saja, dalam satu batang coklat ukuran 100 gram mengandung sekitar 546 kalori, 10 sendok nasi goreng terdapat 163 kalori dan segelas es teh manis ada 100 kalori.

Lebih baik konsumsi pisang, jeruk atau semangka karena buah-buahan tersebut cepat menggantikan elektrolit di tubuh, mengandung vitamin C dan karbohidrat yang mudah diurai tubuh. Mengatur makanan dan minuman yang masuk setelah berjalan kaki juga bertujuan agar pembakaran kalori dan niat menurunkan berat badan bisa tercapai.

NETDOCTOR
 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments