hero
Terpidana mati kasus narkotik Freddy Budiman\NET. Tim Liputan

EDITOR : REZA ADITYA

31 Agustus 2016, 10:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Boy Rafli Amar mengakui ada tiga nama petugas kepolisian yang disebut terpidana mati kasus narkotik, Freddy Budiman, dalam video yang dibuat beberapa hari sebelum eksekusi. Namun, ketiga nama petugas polisi itu tidak terkait dengan kesaksian Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeraan (KontraS) Haris Azhar.

"Penyebutan nama ini pada konteks yang berbeda. Jadi tidak terkait dengan pemberian uang," kata Boy kepada NET., Rabu, 31 Agustus 2016. "Ini video diambil satu hari sebelum eksekusi. Jadi bukan video yang terkait dengan tahun 2014."

BACA JUGA:
Di Balik Turun Gunungnya Sang Bos Intel
Tim Independen Semakin Yakin dengan Informasi Haris
Tim Pencari Fakta Polri Dibuat Sibuk oleh Curhatan Freddy
Telusuri Curhatan Freddy, Tim Independen Kunjungi Nusakambangan

 

Video tertanggal 28 Juli 2016 itu terdiri dari tiga bagian dengan durasi berbeda. Diproduksi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Dibuat secara berurutan pada pukul 17.00. Video pertama berdurasi 39 detik, video kedua 18 menit 43 detik, dan video ketiga 1 menit 25 detik. 

Boy mengatakan Tim Pencari Fakta Gabungan sudah menyaksikan video itu. Freddy menyebut tiga nama anggota polisi lantaran ketiga orang itu yang menangani kasus gembong narkotik sejak kali pertama ditangkap. "Jadi wajar kalau Freddy kenal dengan ketiga orang itu, karena kan mereka yang menangani perkaranya Freddy sejak awal."

Namun Boy mengatakan video itu menjadi jalan masuk bagi lembaganya dan tim untuk mengungkap kesaksian Freddy yang diceritakan kepada Haris Azhar. "Itu jadi bahan salah satu penyelidikan yang dilakukan  dalam rangka pemgumpulan informasi."

REZA ADITYA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments