EDITOR : PUTU DYAH

30 Agustus 2016, 15:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Gaya surealis dalam video ‘Up&Up, membawa sutradara asal Israel, Gal Muggia dan Vania Heymann mendapat penghargaan dalam MTV Video Music Award 2016. Mereka menang kategori ‘Best Visual Effects’. Klip ini digambarkan aneh tapi brilian karena menggabungkan kehidupan nyata dengan khayalan.

Di awal video, penonton dikagetkan dengan penyu yang melayang di tengah stasiun kereta. Terus ada orang-orang berenang di dalam bak mesin cuci. Para personel Coldplay juga muncul di tempat yang nggak terduga, seperti Chris Martin yang tiduran di atas landscape kota dan gitarisnya yang terlihat seperti raksasa di tengah gunung. 

Lewat video berdurasi 4.10 menit ini, Coldplay ingin mengajak orang-orang untuk melihat sesuatu dengan cara pandang yang berbeda. Sementara kedua sutradara, Gal Muggia dan Vania Heymann menambahkan unsur politik dan sosial di dalamnya. Mereka menggambarkan kondisi Israel dengan klip demonstran, pengungsi terjebak di bak mandi dan anak-anak yang berlari mengejar mimpinya.

Foto: YouTube Coldplay Official 

Dalam pembuatan video, Heymaan dan Muggia terinspirasi dari banyak seniman, cerita-cerita di masa lalu dan juga peristiwa yang sedang terjadi. Di hari pertama rilis, video dari album ‘A Head Full of Dreams’ ini langsung ditonton lebih dari 3 juta orang. Tiga bulan setelahnya, ada lebih dari 75 juta viewers di YouTube Coldplay Official.

Dalam tayangan lain di official account nya, Coldplay menunjukkan proses pembuatan video keren ini. Mereka banyak memakai green screen untuk penambahan background. Seperti untuk latar belakang personel Coldplay yang ada di tengah gunung dan di landscape kota.

Foto: YouTube Coldplay Official 

Selain itu, mereka juga menggabungkan dua gambar yang kontras dengan teknik editing khusus. Misalnya, pengambilan gambar pop corn dengan motion control camera system. Kemudian ditambah 3D camera tracking pada gambar gunung berapi. Hasilnya, jadi klip pop corn meletup-letup di kawah gunung, seperti yang kita lihat dalam video.

Vokalis Coldplay, Chris Martin mengaku puas dengan video klip mereka. “Saya pikir ini salah satu video terbaik yang pernah dibuat. Saya tidak percaya kalau itu video kami (Coldplay). Kalau itu punya orang lain, saya pasti akan sangat iri,” kata Chris Martin dalam Haaaretz. 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments