Food Truck. (NET/Tika Widiarto)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

24 Agustus 2016, 06:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bisnis kuliner memang nggak pernah mati. Bukan hanya perkembangan jenis makanan saja, namun cara menjualnya pun terus menawarkan peluang baru yang mengasyikkan. Sejak tahun 2012 silam, muncul tren bisnis food truck di Jakarta. Kebanyakan pemiliknya adalah anak muda seperti kamu.

Konsep restoran berjalan yang lahir di Amerika Serikat ini tentunya bukan hal baru. Dulu kamu pasti mengenal dengan istilah moko atau mobil toko. Yaps, sebuah kendaraan yang digunakan untuk menjual produk makanan jadi.

Food Truck. (NET/Tika Widiarto)

Seiring perkembangan teknologi, modifikasi kendaraan ternyata memungkinkan pemiliknya untuk langsung memproduksi makanan di dalam mobilnya. Biasanya menu yang ditawarkan adalah makanan cepat saji. Untuk minumannya bisa bervariasi bisa jus hingga kopi.

Food truck memiliki keunggulan karena dapat  melakukan mobilitas yang tinggi dan penjual juga bisa langsung menjemput pembelinya. Konsep lebih dekat dengan pelanggan inilah turut mempengaruhi pendapatan.

Food Truck. (NET/Tika Widiarto)

Meledaknya usaha food truck tentunya menjadi berkah sendiri bagi pengusaha karoseri. Untuk membuat sebuah food truck baru dibutuhkan biaya mencapai Rp120-220 juta rupiah. Sementara yang bekas dipatok harga sekitar Rp75-140 juta tergantung dengan model serta kecanggihan modifikasinya. Lengkap dengan berbagai perabotan seperti kompor gas, peti es, wastafel, kulkas kaca, etalase makanan dan genset.

Food Truck. (NET/Tika Widiarto)

Sebagai restoran berjalan tentu memiliki tantangan tersendiri, seperti perizinan ketika ingin memarkirkan food truck hingga cuaca. Meskipun begitu, geliat bisnis kuliner dengan kendaraan ini masih diminati. Karena lebih ekonomis dari pada membangun atau menyewa sebuah tempat. Hadirnya food truck menjadi angin segar bagi pebisnis kuliner. Nggak hanya menawarkan inovasi tetapi juga sebagai solusi saat meningkatnya harga sewa gerai serta semakin minimnya lahan.

DWI ASTRIA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments