hero
Foto: Readers Digest

EDITOR : PUTU DYAH

22 Agustus 2016, 19:25 WIB

INDONESIA

Kata siapa makanan enak pasti bikin gendut? Kita tetap bisa memanjakan lidah dengan makanan lezat. Caranya dengan mengganti makanan berlemak yang memicu kegemukan dengan bahan lain yang lebih sehat untuk tubuh. Ini enam alternatif bahan pengganti yang nikmat dan membuat kamu bisa makan dengan tenang: 

Ganti Es Krim Dengan Sorbet 

Foto: Readers Digest 

Es krim dengan rasa manis, kental dan legit memang susah ditolak. Tapi di dalamnya, terkandung banyak lemak yang bahaya buat diet kita. Sebagai pengganti es krim, kita bisa mengonsumsi sorbet. Sajian ini lebih sehat karena terbuat dari buah, air dan gula. Berbeda dengan es krim yang menggunakan bahan baku berlemak seperti susu, krim dan kuning telur. Kamu juga bisa membuat sorbet sendiri lho. Caranya, blender buah favorit kamu, lalu bekukan dalam freezer. 

Pina Colada? No. Mojito? Yes

Foto: Readers Digest 

Pina colada dengan rasa buah yang creamy tentu pas banget diminum  di tengah siang yang panas. Tapi kalau ada yang lebih sehat, pastinya lebih asyik lagi kan? Kamu bisa mengganti koktail ini dengan mojito. Minuman ini terbuat dari rum, lemon, mint segar dan air soda yang lebih ringan untuk tubuh kita. Rasanya dijamin nggak kalah segar sama pina colada. 

No More Milk Chocolate, Welcome Dark Chocolate 

Foto: Readers Digest

Program diet berarti nggak boleh makan cokelat? Itu mitos. Cokelat mengandung magnesium yang membuat pembuluh darah lebih relaks dan memasok energi untuk tubuh. Makanan ini juga bisa mendorong pelepasan hormon endorfin yang memicu rasa senang.

Nah, kalau kamu sudah kepengen banget ngemil cokelat, sebaiknya ganti milk chocolate yang manis dengan dark chocolate. Rasanya memang lebih pahit  karena tidak mengandung susu dan gula tambahan. Tapi yang jelas, lebih bagus untuk tubuh dan diet kita.

Anggur Beku, Cemilan Pengganti Permen 

Foto: Readers Digest 

Habis makan memang paling enak makan sesuatu yang manis, seperti permen. Tapi, terlalu banyak gula apalagi gula buatan tentu nggak  bagus buat tubuh kita. Untuk itu, sebaiknya ganti permen dengan anggur beku. Sensasi dingin, asam dan manis bisa kita rasakan dengan cemilan ini. Pastikan kamu menyimpan anggur beku di dalam plastik yang terbungkus rapat, agar rasa dan sensasi dinginnya terjaga.

Alpukat sebagai Mentega 

Foto: Readers Digest 

Membuat kue rasanya nggak lengkap kalau nggak pakai mentega. Tapi lemak di dalamnya bisa bertumpuk dan memicu kegemukan. Untuk itu, kamu bisa mengganti mentega dengan alpukat yang mengandung lemak alami. Alpukat bisa dipakai untuk campuran dalam kue atau sebagai pengganti mayonaise untuk salad. Rasanya, dijamin nggak kalah lezat.

Yoghurt, Cuka Apel dan Minyak Zaitun Untuk Mayonaise

Foto: Readers Digest 

Mayonaise sering dipakai untuk dressing salad buah atau sayuran yang kita makan. Rasanya yang gurih dan sedikit asam membuat salad terasa lebih segar. Supaya lebih sehat, ganti mayonaise dengan minyak zaitun dan cuka apel. Sementara sensasi creamy-nya bisa kamu dapatkan dengan memakai yoghurt rendah lemak.  

READERS DIGEST 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments