hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

19 Agustus 2016, 15:02 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengecam tindakan tidak menyenangkan yang dilakukan imigrasi Singapura terhadap Letjen (Purn) Suryo Prabowo, mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

"Ini warga negara lho, bukan siapa-siapa. Apalagi beliau purnawirawan. Saya sebagai panglima tidak senang pemerintah Singapura memperlakukan mantan prajurit TNI seperti itu," ujar Gatot usai membuka kejurnas karate di GOR Mabes TNI Cilangkap.

Sebelumnya Suryo Prabowo mengalami tindakan tidak menyenangkan saat dirinya transit di Bandara Changi. Ia sempat ditahan di kantor imigrasi lantaran namanya berada dalam daftar hitam pemerintah Singapura. Suryo diinterogasi panjang terkait riwayat hidupnya. Ia ditanyai keterkaitannya dengan orang yang tidak ia kenal bernama Indra.

Tidak lama ia dibebaskan. Namun petugas tidak menjelaskan alasan mengapa ia diblacklist.

"Saya ini orang yang di black list pemerintah Singapura dengan alasan yang tidak jelas," ujar Suryo.

Atas kejadian ini Panglima TNI telah menyurati Kementerian Luar Negeri agar menyampaikan nota protes terhadap pemerintah Singapura. Ia juga mengutus atase pertahanan di Singapura untuk berkomunikasi dengan otoritas keamanan setempat.

Suryo Prabowo merupakan purnawiran TNI yang pensiun pada tahun 2012. Jabatan penting yang pernah ia duduki adalah Kepala Staf Umum TNI. Ia juga sempat menjabat sebagai Wakil Gubernur Timor Timur ketika negeri yang berbatasan dengan NTT itu masih bergabung dengan Indonesia. Setelah pensiun ia mengabdi sebagai pengajar di Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

CHELZEA VERHOEVEN | FOLA HARAHAP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments