hero
Ketua Bawaslu Muhammd dan ketua Dkpp Jimly Assidique dalam peluncuran aplikasi GOWASLU di car free day, Minggu, 14 Agustus 2016.

EDITOR : OCTOBRYAN

14 Agustus 2016, 18:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Demi kelancaran jalannya Pilkada serentak pada 2017 mendatang, Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Muhammad meluncurkan aplikasi Gowaslu. Launching aplikasi berbasis teknologi informasi itu merupakan bagian dari kegiatan 'Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Pemilu Partisipatif' yang dilaksanakan Bawaslu di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Kami mengundang partisipasi masyarakat untuk sukseskan pengawasan pilkada. Sejatinya pemilu adalah milik rakyat," ujarnya, Minggu, 14 Agustus 2016.

Lebih lanjut, Muhammad menjelaskan dengan aplikasi Gowaslu, masyarakat di seluruh Indonesia bisa langsung melaporkan ke Bawaslu pusat jika melihat adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan selama pesta demokrasi diselenggarakan.

"Kita ingin responsif dengan adanya aplikasi ini," ucapnya.

Bawaslu sangat berharap, dengan adanya aplikasi Gowaslu, peran serta masyarakat dalam pengawasan Pilkada mendatang dapat meningkat. Terlebih, aplikasi tersebut sangat memudahkan mereka untuk melaporkan pelanggaran yang ada selama Pilkada nanti.

"Kami ingin mengunggah kesadaran masyarakat melalui program pengawasan partisipatif. Bagaimana kita bekerja, paling tidak bisa peduli terhadap pengawasan pemilu sebagai tanggung jawab bersama," pungkas Muhammad.

Langkah inovatif dari Bawaslu ini pun mendapat respon positif dari warga, salah satunya adalah Muhammad Reza. Warga bekasi ini menilai langkah itu cukup baik sebagai upaya Bawaslu melakukan transparansi untuk menggelar pemilihan umum yang jujur dan adil.

"Saya apresiasi Bawaslu meluncurkan aplikasi ini. Ya ini semacam bentuk tanggung jawab Bawaslu umtuk menggelar pemilu yang bersih," ujarnya.

Aplikasi itu sudah dapat langsung di download di Play Store ponsel berbasis Android mulai hari ini. Sementara untuk ponsel dengan sistem operasi IOS masih harus bersabar untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.

NADIA SAGARA

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments