hero
Elvira Savino. (The Telegraph)

EDITOR : TITO SIANIPAR

10 Agustus 2016, 12:50 WIB

ITALIA

Kelompok vegan atau orang dengan gaya hidup yang tidak makan daging dan hanya makan buah dan sayur kini harus berhati-hati. Di Italia, orang tua yang terbukti mengajak anaknya untuk jadi vegan, bisa dipidana.

Aturan baru mengenai hal itu sedang diajukan politikus Elvira Savino untuk dilegalisasi. Gaya hidup tanpa konsumsi daging, kata Savino, menyebabkan anak kekurangan gizi. Bahkan terancam mengidap penyakit saraf maupun anemia.

Anggota parlemen dari The Forza Italia ini mengatakan anak-anak bisa kekurangan zat besi, seng, dan vitamin lainnya yang dibutuhkan untuk tumbuh. "Belakangan ada kepercayaan bahwa diet vegan membuat sehat," kata Savino seperti dikutip dari express.co.uk, 9 Agustus 2016.

Menurut dia, tidak ada masalah jika seorang dewasa memutuskan untuk menjadi vegan atau vegetarian. "Menjadi masalah jika anak-anak dilibatkan," ujar Savino. Ancaman untuk pelanggaran ini adalah hukuman hingga empat tahun penjara.

Kekhawatiran Savino berangkat dari kasus malnutrisi yang dialami anak-anak di Italia. Bulan lalu, seorang bayi berusia 14 bulan harus dilarikan ke rumah sakit karena kekurangan kalsium. Beratnya sama dengan bayi tiga bulan.

Hakim memutuskan orang tua bayi itu tidak lagi boleh merawat si bayi. Pasalnya si bayi dipaksa mengikuti pola diet vegetarian orang tuanya yang tidak cocok buat bayi. 

Vegan adalah gaya hidup yang hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan. Berbeda dengan vegetarian, vegan juga tidak mengonsumsi susu maupun telur yang berasal dari binatang.

TITO SIANIPAR | EXPRESS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments