hero
Dua atlet Korea selfie sebelum bertanding

EDITOR : OCTOBRYAN

10 Agustus 2016, 01:15 WIB

BRASIL

Korea Utara dan Korea Selatan memiliki sejarah yang tak cukup baik. Sampai sekarang pun, hubungan kedua negara ini masih dalam konflik. Meski begitu, Olimpiade 2016 menjadikan mereka sedikit terlihat seperti saudara.

Namun, ketegangan tersebut tidak terjadi di cabang olahraga gymnastic. Atlet Korea utara dan Korea Selatan yang kala itu bersaing satu sama lain justru menunjukkan keakraban.

Seperti diberitakan BBC Sport, Senin 7 Agustus 2016 waktu setempat, Lee Eun-ju yang berasal dari Korea Selatan terlihat melakukan percakapan dengan Hong-un Jong dari Korea Utara. Keduanya bahkan terlihat saling tersenyum ketika melakukan percakapan.

Setelah itu, Eun-ju mengajak selfie Un Jong. Pemandangan langka tersebut langsung diabadikan oleh fotografer yang tengah meliput di Olimpiade Rio 2016.

Kedekatan Lee Eun-ju dan Hong Un-jong juga menyita perhatian media asing.The Star menyebut Korea Utara telah melunak di depan atlet negara lain, khususnya pada atlet Korsel. Bisa disebut inilah moment terbaik kedua negara setelah koflik berkepanjangan di semenanjung KOrea.

"Di masa lalu atlet-atlet Korut menghindari percakapan bukan cuma dengan atlet melainkan juga wartawan," dikutip The Star

Lee (17 tahun) dan Hong (27 tahun) sama-sama mengikuti lomba kualifikasi di nomor individual. Bagi Lee, ini merupakan olimpiade pertamanya. Adapun Hong merupakan pesenam pertama asal Korea Utama yang memenangi medali Olimpiade. Dia meraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008.

BBC | THE STAR

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments