hero
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat\NET. TIM LIPUTAN

EDITOR : REZA ADITYA

6 Agustus 2016, 19:30 WIB

INDONESIA

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang tidak ingin cuti pada masa kampanye jelang pemilihan kepala daerah tahun 2017. Djarot menilai jika Ahok cuti demi kampanye pencalonannya kembali sebagai Gubernur, akan menggangu pelayanan di Ibu Kota.

"Ya tidak apa-apa, itu opsional," kata Djarot,di Jakarta, Sabtu, 6 Agustus 2016. "Kalau memang diperbolehkan tidak diambil cutinya itu, akan lebih baik. Karena fungsi kami melayani toh, dan pemerintahan itu tidak terganggu."

Djarot juga mendukung Ahok yang mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait cuti kampanye untuk kepala daerah. Dia berharap putusan uji materi itu bisa keluar sebelum masa kampanye pemilhan kepala daerah DKI Jakarta dimulai.

"Memang undang-undangnya harus cuti, cobalah kami tanyakan ke MK, boleh atau tidak kita ngambil cuti," kata dia. "Jadi jangan sampai dengan pemilihan kepala daerah (pilkada) ini  kemudian pelayanan jadi terganggu.Tentang apakah itu menimbulkan conflict of interest, tergantung kepada integritas moral masing-masing.  

Tahapan pemilihan kepala daerah (Gubernur) DKI Jakarta 2017\kpujakarta.go.id

 

Sebelumnya, Ahok menolak cuti pada masa kampanye pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017. Ahok tetap ingin bekerja meski dalam masa kampanye nanti. Apalagi, masa kampanye nanti itu bertepatan dengan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Masa kampanye akan berlangsung sejak 26 Oktober 2016 sampai dengan 11 Februari 2017.

Ahok pun cuek saat dituduh akan menggunakan kekuasaannya mempengaruhi suara pemilih lantaran tidak cuti di masa kampanye pilkada nanti. 

Dia kemudian memutuskan mengajukan uji materi Pasal 70 ayat (3), (4) dan (5) Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Pasal-pasal dalam undang-undang itu mengatur kewajiban inkumben yang harus  mengajukan cuti kepada Presiden dan Menteri Dalam Negeri sejak ditetapkan sebagai peserta pemilhan. 

YASSED


BACA JUGA:

Ahok Ogah Cuti Saat Kampanye
Ahok: Mendagri Ngga Bisa Paksa Saya untuk Cuti!
Mendagri: Terserah Kalau Ahok Mau Begitu

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments