EDITOR : REZA ADITYA

4 Agustus 2016, 23:50 WIB

ACEH, INDONESIA

Seekor Paus Sperma terdampar di bibir pantai Desa Kuala Gigeng, Kecamatan Baitussalam, Aceh. Salah seorang warga, M. Kasim, menuturkan ikan dengan panjang dua meter dan berat dua ton lebih itu terdampar sejak Rabu,3 Agustus 2016, sore.

"Ya kemarin jam 6 sore saya lihat masih hidup, ada dua ekor ikan," kata Kasim, Kamis, 4 Agustus 2016. Kasim mengatakan ada dua ekor Paus Sperma sebenarnya yang terdampar secara bersamaan. Namun hanya satu yang berhasil selamat kembali.
Sedangkan satunya lagi, ditemukan mati pada Kamis pagi ini. 

Petugas Satuan Kerja Pengawasan dan Sumber Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan Banda Aceh, Bustami, mengatakan Paus Sperma yang terdampar dan mati itu disebabkan kelelahan.

Lembaganya saat ini belum memutuskan evakuasi seperti apa yang akan dilakukan terhadap paus mati itu. "Ini belum tahu ditenggelamkan apa gimana, ini Paus Sperma.” 

Tidak tersedianya alat berat menjadi salah satu faktor sulitnya evakuasi. Rencananya, evakuasi bangkai ikan paus itu akan dilakukan pada Jumat pagi. 

Hingga Kamis sore, bangkai paus tersebut masih menjadi sorotan warga setempat. Warga banyak yang mengabadikan paus malang itu, meski sudah diimbau oleh otoritas kemananan setempat untuk menjauh.
 
 MUNANDAR SYAMSUDDIN (ACEH) | CITIZEN JOURNALIST (RISKA IWANTONI)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments