hero
Bus 'kolong' di Cina. (Foto: The Verge/New China)

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

4 Agustus 2016, 14:12 WIB

CINA

Kemacetan di kota-kota besar di Cina sudah sampai tahap menjengkelkan. Bayangkan, antrian kemacetan di banyak kota besar di Cina bisa mencapai belasan kilometer. Efeknya selain waktu tempuh lebih lama, polusi di Cina tambah mencemaskan. Udara di banyak kota besar di Cina akan berkabut saat jam-jam kemacetan parah. Kabut bukan karena uap air tapi gas buang knalpot kendaraan yang pastinya beracun. 

Pemerintah negara komunis itu sudah mencari berbagai solusi. Sistem transportasi umum yang modern dan masif pun belum mampu mengurangi volume kemacetan dengan signifikan. Salah satu solusi mengatasi kemacetan kembali diusulkan, kali ini teknologi bus ‘kolong’. 

Mengutip dari The Verge, Kamis (4/8/2016), pemerintah kota Qinhuangdao di Provinsi Hebei sudah mengujicoba bus ‘kolong’ yang dinamakan TEB-1 (Transit Elevated Bus). Kantor berita Xinhua mengabarkan, dinamakan bus ‘kolong’ karena bentuknya yang mengangkang.

 

Foto: The Verge/New China



Bus dengan panjang hampir 22 meter, lebar 7,6 meter dan tinggi sekitar 4,8 meter itu memiliki penampilan tidak seperti bus kebanyakan. Bus TEB-1 memiliki ruang atau kolong di bawahnya. Kolong tersebut berfungsi agar kendaraan lain dapat lewat di bawah bus TEB-1. Jadi, meski busnya berbadan besar tapi tidak akan menimbulkan kemacetan karena kendaraan lain bisa lewat di bawahnya. Kendaraan dengan tinggi maksimal dua meter masih bisa lewat di bawah kolong bus TEB-1.
 

Foto: The Verge/New China



Bus yang bisa menampung 300 penumpang itu bergerak menggunakan rel yang dipasang di jalan raya. Roda-roda penggerak bus terletak di bagian terluar badan kendaraan sekaligus menjadi penopang.

Bus ‘kolong’ TEB-1 pertama kali dikenalkan pada 2010. Berbagai desain dan uji coba sudah dilakukan hingga akhirnya beberapa kota di Cina tertarik memakainya. “Nanyang, Qinhuangdao, Shenyang, Tianjin dan Zhoukou sudah sepakat memakai bus buatan kami,” jelas Song Youzhou desainer dan insinyur bus TEB-1.
 

Foto: The Verge/New China



THE VERGE

FAJAR ANUGRAH PUTRA

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments