hero
Suasana Bandara Internasional Lombok (NET/Farabi)

EDITOR : OCTOBRYAN

2 Agustus 2016, 00:40 WIB

LOMBOK, INDONESIA

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan sebaran abu vulkanik Gunung Rinjani menyebabkan Bandara Internasional Lombok ditutup hingga besok pagi.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan adanya sebaran abu vulkanik yang masuk hingga Bandara Internasional Lombok menyebabkan otoritas bandara dan Kementerian Perhubungan menutup operasi bandara tersebut. Penutupan itu dilakukan pada hari ini pukul 16.55 WITA hingga Selasa (2/8) pada 10.00 WITA.

“Penutupan dilakukan dengan pertimbangan keselamatan penerbangan,” kata Sutopo dalam keterangannya kepada NETZ, Senin, 1 Agustus 2016.

Selain itu, paparnya, pertimbangan lainnya adalah material abu vulkanik sendiri dapat mengganggu mesin pesawat. BNPB juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pendakian atau berkunjung dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Gunung Rinjani dengan puncak Barujari.

General Manager Bandara Internasional Lombok, I Gusti Ngurah Ardika, menjelaskan, ada 29 penerbangan, baik kedatangan maupun keberangkatan, yang dibatalkan akibat peristiwa itu. 

Dari 29 penerbangan tersebut, ada sebanyak 25 penerbangan domestik, baik yang datang maupun berangkat, dan empat penerbangan internasional yang terdiri atas dua keberangkatan serta dua penerbangan yang akan datang ke Lombok.

Pihaknya mendapat notifikasi dari Kementerian Perhubungan yang menyatakan bahwa Bandara Internasional Lombok harus ditutup sampai Selasa, 2 Agustus 2016.

"Kami akan teliti tiap informasi dari penerbang. Debu vulkanik berbahaya untuk penerbangan," ujarnya.

Akibat peristiwa itu, sejumlah calon penumpang yang sudah membeli tiket terpaksa membatalkan penerbangannya. Hal ini juga terjadi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang merasakan dampak erupsi anak gunung Rinjani.  

"Saya harap ada penerbangan pengganti," ujar Louisa Moses turis asal Australia.

Pihak bandara pun kemudian memberikan fasilitas antar gratis ke Terminal Ubung atau memberikan petunjuk untuk menyewa kendaraan menuju Surabaya dari posisi bandara. 

Tidak sedikit calon penumpang yang mengambil keputusan untuk melalui jalur darat menuju kota-kota di Jawa, khususnya ke Surabaya. 

Surabaya menjadi tujuan karena Bandara Juanda tidak ditutup dan dapat dipakai oleh para penumpang dari Bali untuk melanjutkan perjalanan dengan pesawat ke kota tujuan. 

OCTOBRYAN | MUHAMMAD HASANUDIN | HAMDANI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments