hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

29 Juli 2016, 14:35 WIB

INGGRIS

Buat pekerja kantoran, duduk 8 jam sehari adalah hal biasa. Padahal, ini bahaya.

Pixabay

 

Ini hasil penelitian di berbagai negara di Eropa, Amerika Serikat dan Australia. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa duduk 8 jam sehari bisa meningkatkan resiko kematian dini sebesar 60 persen. Ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa duduk lama bisa meningkatkan resiko kanker, serangan jantung dan obesitas. Duduk terlalu lama diketahui bisa membuat level insulin meningkat dan dapat memperlambat metabolisme tubuh.

Pixabay

 

Tapi jangan khawatir, ada solusi untuk mengurangi bahayanya. Gampang kok, yaitu dengan beraktivitas fisik, sekitar 60 menit hingga 75 menit per hari. Bisa dengan joging atau ikut macam-macam kelas di gym. Jika itu dirasa terlalu berat, jalan cepat selama 1 jam bisa mengurangi bahaya duduk lama.

Itu jika duduk 8 jam sehari. Yang lebih bahaya, jika di kantor sudah duduk 8 jam, lanjut nonton tv lagi di rumah selama sekitar 5 jam. Menurut peneliti, bahayanya sama dengan obesitas dan rokok.

Pixabay

 

Karena itu, para ahli kesehatan mendorong masyarakat untuk kurangi duduk dan banyak bergerak. Hasil penelitian dipublikasi minggu ini di jurnal Lancet, salah satu jurnal kesehatan tertua dan terbaik di dunia. Salah satu peneliti yang terlibat adalah Ulf Ekelund, peneliti di Norwegian School of Sports Sciences. “Jika kamu duduk lebih dari 8 jam sehari kamu harus menambah aktivitas fisik lebih dari 30 menit sehari,” kata Ekelund.

APTN

 

Sekarang, apa yang akan kamu lakukan setelah tahu hasil penelitian ini? Pastinya sayangi diri dengan memaksakan diri banyak bergerak ya.

APTN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments