hero
Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

19 Juli 2016, 23:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengatakan hasil identifikasi terhadap dua jenazah terduga teroris rampung. Salah satunya, kata Tito, adalah Ketua Mujahidin Indonesia Timur Santoso alias Abu Wardah dan Muchtar.

"Sidik jarinya sudah identik dan bisa disimpulkan itu adalah sidik jari Santoso," ujar Tito, usai rapat terbatas di Kompleks Istana Negara, Selasa, 19 Juli 2016 malam.

Tito mengatakan Santoso sebelumnya pernah ditahan dan diambil sidik jarinya. Data sidik jari itu kemudian dicocokkan dengan jenazah yang ditembak oleh satuan tugas Tinombala dan hasilnya identik.

Kendati demikian, polisi akan tetap menyelesaikan uji DNA guna mendapatkan identifikasi yang lebih meyakinkan. 

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP mengatakan upaya petugas melumpuhkan kelompok Santoso layak untuk diapresiasi. "Namun Presiden meminta agar sisa-sisa gerombolan harus tetap dikejar," kata Johan.

BACA JUGA:
Wapres Apresiasi Aparat Penembak Santoso
Siapa Santoso? Ini Empat Hal Mengenai Dia
Polisi Tunggu Tes DNA untuk Pastikan Jenazah Santoso
Evakuasi Jenazah Diduga Santoso Terkendala Hujan

Hingga kini, operasi Tinombola terus melakukan pengejaran terhadap terduga teroris lainnya, Basri yang lolos saat penyergapan kemarin. Basri diyakini juga sama berbahayanya seperti Santoso. 

Basri adalah narapidana kasus terorisme yang sudah divonis 19 tahun penjara pada 2007 karena terkait serangkaian kasus pidana di Poso. Diantaranya adalah penembakan Pendeta Susianti Tinulele pada Juli 2004 di Gereja Efata, Palu, serta mutilasi tiga siswi di Poso pada Oktober 2005.

Basri kabur dari Lapas Ampana, Sulteng pada 2013 lalu, dan belakangan diketahui bergabung dengan Santoso. Dengan tertembaknya Santoso ini, maka kelompok tersebut diperkirakan tinggal menyisakan Ali Kalora sebagai pemimpin.

OCTOBRYAN | IRVAN MAULANA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments