EDITOR : DASNITA M. SINAGA

14 Juli 2016, 04:05 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil buat terobosan baru!

 

Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, rencananya di beberapa unit kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pria berkacamata ini akan menugaskan manajer khusus. Ide ini didapat pria yang biasa disapa Emil ini, setelah melihat dunia pelayanan yang paling baik yaitu hotel dan bank.

Seperti hotel dan bank, manajer pengawas pelayanan publik atau Duty Manager bertugas memastikan tidak ada masyarakat lagi yang mengeluhkan buruknya pelayanan publik. "Itu kerjanya hanya mengawasi pelayanan saja. Dia stand by di setiap titik yang ada pelayanannya saja. Harapannya bandung bisa naik kelas, kualitas pelayanannya persis seperti di hotel atau perbankan," jelas Emil.

Tidak hanya memastikan pelayanan berjalan dengan sempurna, Duty Manager ini nantinya juga akan melakukan pencatatan dan evaluasi pelayanan publik di SKPD tersebut, bahkan melakukan teguran kepada staf yang tidak melakukan pelayanan dengan optimal.

Belum bisa dipastikan apakah pejabat pengawas pelayanan publik ini nantinya berasal dari Pegawai Negeri Sipil atau bukan, karena masih dalam pembahasan. 

Tapi yang pasti manajer pelayanan ini akan mulai dipekerjakan dalam waktu dekat. Dinas yang didahulukan memiliki manajer yakni dinas yang jumlah kedatangan warganya paling banyak. "Misalkan warga datang ke Dinas Kependudukan, kemudian tidak dilayani dengan ramah atau telat. itu tidak boleh terjadi lagi, pokoknya zero complain," tutup Emil. 

Sebelumnya Bandung menduduki posisi ke-4 dalam peringkat pelayanan publik terbaik di Indonesia. Semoga dengan adanya terobosan baru ini, kota Bandung bisa naik ke ranking 1 ya kang Emil.

 

REPORTER: IQWAN SABBA

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments