EDITOR : DASNITA M. SINAGA

12 Juli 2016, 03:06 WIB

JEPANG

Jika Google berulang kali melakukan uji coba mobil kecil driveless (tanpa pengemudi), perusahaan teknologi Jepang DeNA berhasil menjalankan bus pertama tanpa pengemudi, Kamis, 7 Juli 2016 lalu.

Bus otomatis yang juga disebut Shuttle Robot ini termasuk jenis bus yang ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik. Tak hanya itu, Shuttle Robot juga dilengkapi fasilitas lift sehingga memudahkan warga lanjut usia dan penyandang difabel untuk naik ke dalam bus.

Tanpa pengemudi, bus berjalan pada rute yang telah ditentukan oleh Global Positioning System (GPS) dan kamera eksternal, di pusat kota Tokyo, dengan membawa 12 penumpang.

 

 

 

Total berat bus mencapai 1.700 kilogram dan memiliki kecepatan maksimum 40 km perjam. Panjang 3,92 meter, lebar 1,986 meter  dan tinggi 2.750 meter.

Bus EZ10 mengandung komponen aluminium dan fiberglass, sehingga ringan dan tahan lama. Bus ini juga menggunakan aktuator listrik dan memiliki daya tahan baterai hingga sepuluh jam. Memiliki AC dan interkom langsung terhubung ke ruang kontrol.

Dalam konferensi pers general manager DeNA Co Ltd untuk bisnis otomotif, Hiroshi Nakajima  mengatakan ”Lingkungannya memang terbatas tapi selama itu terkendali, kami dapat memberikan diri mengemudi kendaraan efisien," jelas Nakajima.

Bus EZ10 telah dikembangkan bersama dengan perusahaan Perancis Easy Mile, yang menyediakan perangkat lunak tanpa pengemudi. 

 

Kedepannya bus pintar ini menyediakan transportasi bagi penumpang yang berada di lokasi pribadi seperti pabrik, sekolah, taman, dan fasilitas komersial. Pusat perbelanjaan besar di prefektur Chiba akan menjadi yang pertama untuk menerapkan layanan antar-jemput dalam fasilitas belanja bulan depan.

 

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments