hero

EDITOR : PUTU DYAH

11 Juli 2016, 20:25 WIB

ITALIA

Video sekelompok paduan suara berkostum hijau dengan bawahan bernuansa etnik Papua ramai beredar di media sosial. Video ini diunggah pertama kali oleh Metta Dharmasaputra, Co-Founder & Executive Director Kata Data, di akun Facebooknya.

Inilah paduan suara anak Indonesia The Resonanz Children's Choir (TRCC). Mereka berhasil mendapat penghargaan The Grand Prix dalam kompetisi tingkat internasional Claudio Montever di Choral Festival and Competition yang berlangsung pada 7-10 Juli 2016 di Venice, Italia.

Tidak hanya bernyanyi dengan berbagai pecahan suara, TRCC juga menari dengan gerakan hentakan indah tanpa iringan musik. Mereka hanya mengandalkan suara dan alat musik tifa, perkusi khas Papua. Hebatnya, suara mereka tetap stabil dan padu meski mereka melakukan gerakan lain seperti melompat kecil dan bertepuk tangan.

Hingga kini video yang diunggah tersebut viral di sosial media. Bahkan postingan klip ini yanga ada di akun Meta Dharmasaputra, sudah disukai 21 ribu netizen dan dibagikan sampai  60 ribu kali.

Dalam kompetisi di Venesia ini, TRCC membawakan total 6 lagu. Pada babak final yang berlangsung 9 Juli 2016, mereka membawakan dua lagu yaitu Táncnóta karya komposer Hungaria Zoltán Kodály dan Yamko Rambe Yamko hasil aransemen Agustinus Bambang Jusana. 

Paduan suara yang dipimpin konduktor Devi Fransisca ini berhasil menjadi juara umum (winner of grand prix). Yaitu juara pertama untuk kategori Children’s and Youth Choir dengan nilai 94.5 dan  memperoleh Gold Diploma Level II. 

Sebelumnya pada babak awal, TRCC membawakan empat lagu yaitu Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Javier Busto, serta dua lagu aransemen karya Fero Aldiansyah yaitu 137 Hip Street dan Bungong Jeumpa. Semua dinyanyikan dengan kostum bernuansa Aceh. 

Anggota TRCC terdiri dari anak-anak berusia 9-17 tahun. Ini bukan pertama kalinya mereka mengharumkan nama bangsa. Sebelumnya dengan berbekal kekayaan budaya nusantara, The Resonanz Children’s Choir pernah meraih penghargaan Internasional dalam kompetisi paduan suara The Golden Gate International Choral Festival yang diselenggarakan di Berkeley, California, AS pada 12-18 Juli 2015.

 

 

TRIO SATRIA 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments