EDITOR : PUTU DYAH

11 Juli 2016, 04:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Lantunan ayat Alquran mengalun dari mulut Wirda Salamah Ulya yang biasa dikenal sebagai Wirda Mansur. Di usianya yang baru 15 tahun, remaja ini sudah menjadi hafiz atau penghapal Alquran. Niat memperdalam ilmu agama bahkan memberanikan putri pertama Ustaz Yusuf Mansur ini untuk keluar dari sekolah saat kelas 5 SD. 

Menurut Wirda, dukungan orangtua jadi motivasi terbesarnya. “Waktu itu papa setuju banget, mama sama dede nggak. Ya sudah kita lihat berhasil apa nggak, kata mama. Yang pasti tekad dulu karena pengalaman itu mahal,” cerita Wirda dalam Indonesia Morning Show, Juli 2016. 

Wirdah Mansur. (NET)

Gadis ini sudah menjadi penghapal Alquran sejak usia 7 tahun. Caranya dengan mengingat setiap ayat secara berulang-ulang. Saat di sekolah dasar, Wirda juga sering melebihi target hapalan yang ditetapkan gurunya. 

Sejak itu, pemilik bisnis hijab ini mulai mengajar mengaji dan memberi motivasi agama di berbagai tempat. Bukan hanya di Indonesia tapi merambah ke negara lain seperti Korea, Singapura, Amerika dan Australia. Sebagai anak muda, Wirda memanfaatkan media sosial seperti Youtube sebagai sarana berbagi ilmu. 


Wirda dan keluarganya percaya kalau mendalami ayat-ayat suci Alquran bisa memudahkan kehidupan mereka. Tapi niat belajar agama bukan berarti melupakan ilmu lainnya. Setelah keluar sekolah, Wirda menjadi santri yang berpindah-pindah ke berbagai pesantren baik di Indonesia atau luar negeri. Termasuk belajar bahasa Arab intensif selama 4 bulan di Yordania. 

Wirda juga mengikuti program akselerasi di salah satu kampus di Amerika. Hasilnya, dia sudah meraih gelar diploma di bidang bisnis walaupun umurnya belum mencapai 18 tahun.Semua langkah ditempuh Wirda untuk mewujudkan cita-citanya menjadi pebisnis yang memiliki maskapai penerbangan. 

“Pengen jadi pengusaha pesawat. Aku mau jadi the new Habibie,” kata Wirda. “Jadi kalau punya mimpi harus divisualisasikan. Jangan pernah berhenti, tapi terus kejar.” 

Wirda tetap pada niatnya menjadi hafiz sekaligus pebisnis. Baginya cita-cita harus terus diwujudkan dengan menjadikan agama sebagai pegangan. 

 

YUFIENDA NOVITASARI | INDONESIA MORNING SHOW NET. 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments