hero
Latihan Italia jelang perempat final. (UEFA)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

2 Juli 2016, 16:20 WIB

PERANCIS

Dua tim klasik Eropa, Jerman dan Italia akan bertemu di babak perempat final Euro 2016. Kedua keseblasan akan bertanding di Nouveau Stade de Bordeaux, kota Bordeaux, pada Minggu, 3 Juli 2016 dini hari. 

Sebelum tembus ke babak ini, Jerman mengalahkan Slovakia dengan skor telak 3-0. Sementara Italia kalahkan sang juara bertahan Spanyol dengan skor dua gol tanpa balas.

Duel kali ini berisi misi balas dendam Der Panzer yang tak sekalipun meraih kemenangan kala hadapi Gli Azzuri di turnamen akbar. Dari 8 kali pertemuan baik di Piala Dunia maupun Piala Eropa, Si Biru meraih 4 kemenangan dan sisanya berakhir imbang. Terakhir, Italia berhasil tundukkan Jerman melalui Balotelli pada pagelaran Euro di Polandia dan Ukraina 2012 silam.

Pertemuan peringkat 4 dan 12 FIFA ini juga jadi ajang pembuktian pertahanan terbaik benua biru. Anak asuh Joachim Low tampil sempurna. Gawang Manuel Neuer masih perawan selama empat pertandingan terakhir. Di depan Neuer, duet bek tangguh Hummels-Boateng solid menjaga lini belakang.

"Saya pikir kita semua tahu bahwa Italia sangat baik sejauh ini. Mereka sangat kuat dan tidak nyaman untuk bermain melawan mereka. Dan bagi kami penting untuk menemukan solusi dan melakukannya sebagai satu tim," kata Boateng seperti dikutip dari APTN.

Namun Jerman datang bukan tanpa masalah. Meski dihuni para pemain bintang di semua lini, hanya sektor depan yang kurang memberikan kontribusi. Nama-nama seperti Thomas Muller, Andre Schurrle, dan Mario Gotze belum bisa mengisi pundi-pundi gol Die Mannschaft. Hanya striker gaek Mario Gomez yang sejauh ini sudah mencetak dua gol di dua pertandingan berbeda.

Italia sendiri identik dengan pertahanan solid atau lebih dikenal dengan catenaccio. Sejauh ini Gli Azzuri baru kebobolan sebiji gol di laga tidak menentukan fase grup kontra Irlandia. 

Tapi yang perlu jadi catatan, Italia sudah mengalahkan dua tim kuat Belgia dan Spanyol tanpa kebobolan. Ketangguhan difensore negri pizza itu digawangi trio BBC Si Nyonya Tua; Bonucci, Barzagli dan Chiellini. 

"Kami mempersiapkan pertandingan ini sebaik yang kami bisa, seperti yang kami lakukan dengan Spanyol," kata pemain Italia De Sciglio. "Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, mereka adalah juara dunia, mereka adalah tim yang luar biasa."

Lini tengah Italia dipastikan tidak akan diperkuat Thiago Motta akibat akumulasi kartu, dan De Rossi diragukan tampil karena cedera. Sementara di lini serang masih mengandalkan attacante yang empat tahun lalu mencicipi kompetisi Serie B namun kini membela timnas, Citadin Eder dan Graziano Pelle. Duet ini sudah menyumbang 3 gol dari 4 pertandingan.

GARRY AKITHA

Perkiraan susunan pemain:
Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Florenzi, Parolo, Sturaro, Giaccherini, De Sciglio; Pellè, Éder.
Jerman: Neuer; Hector, Boateng, Hummels, Kimmich; Kroos, Khedira; Draxler, Ozil, Muller; Gotze.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments