hero

EDITOR : DEWI RACHMAYANI

1 Juli 2016, 18:15 WIB

INGGRIS

Apakah kamu pernah melewatkan makan malam karena terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor? Atau melewatkan sarapan di weekend karena bangun kesiangan? Selama kamu menghindar kalap makan setelahnya, tidak masalah bukan?

Ternyata, tidak begitu.

Gerda Pot, pengajar di Divisi Diabetes dan Ilmu Gizi di Universitas King, London, Inggris meneliti kaitan waktu makan seseorang dengan dampaknya terhadap kesehatan. Kesimpulannya, yang penting bukan hanya apa yang kamu makan, tapi juga kapan kamu makan. Menurut Pot, waktu makan pun dapat memengaruhi kesehatan seseorang. Jam makan yang tidak teratur dapat memicu obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes, terlepas dari berapa banyak kalori yang kamu konsumsi.

Pixabay

 

Pot meneliti pola makan warga dunia dari berbagai negara. Ia menemukan hubungan antara obesitas dan mengonsumsi kalori lebih banyak di sore hingga malam hari. Temuan lainnya, orang yang konsisten makan 6 kali dalam sehari memiliki kadar kolesterol dan insulin yang lebih baik dibandingkan mereka yang makan dengan frekuensi yang tidak tetap, walaupun frekuensi makannya lebih sedikit dari 6 kali.

“Kami menemukan bahwa orang dewasa yang makannya konsisten di jam yang sama dari hari ke hari, lebih kecil kemungkinan mengidap obesitas dibandingkan orang yang jam makannya tidak  teratur,” kata Gerda Pot.

Pixabay

 

Benarkah seperti itu? Well, sepertinya tidak masuk akal bahwa jam makan dapat memengaruhi kesehatan kita sebesar itu. Namun, itulah hasil temuan Pot. Penelitiannya terkait dengan metabolisme dan jam biologis manusia.

Menurut Pot, berbagai proses metabolisme di tubuh, seperti selera makan, pencernaan dan metabolisme lemak, kolesterol dan glukosa mengikuti pola yang terus berulang selama 24 jam. Dan jam makan yang tidak konsisten akan berpengaruh terhadap jam biologis tubuh kita. Ketidakkonsistenan ini dapat memicu bertambahnya berat badan dan resiko kesehatan lain.

Pixabay

 

Setelah tahu informasi ini, sepertinya yang terbaik dilakukan adalah makan di waktu yang sama setiap harinya. Namun jika kesibukan kamu tidak memungkinkan, pastikan kamu tetap melakukan cara lain untuk tetap sehat.

 

HEALTH.COM

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments