hero

EDITOR : PUTU DYAH

1 Juli 2016, 20:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Ada Ice cream sandwich, Jelly, Kit-kat, Lollipop dan Marshmallow. Tapi tunggu dulu ini bukan dessert yang bisa kita nikmati, melainkan nama-nama Android yang sudah dirilis oleh Google. Kebiasaan menggunakan nama makanan, diteruskan oleh perusahaan teknologi ini untuk sistem terbarunya yang dirilis 30 Juni 2016. Versi Android 7.0 ini disebut Android Nougat.

Pengumuman hadirnya Android yang awalnya disebut ‘N’ ini, pertama kali disampaikan ke publik lewat Snapchat. Aplikasi yang dinilai paling hits di tahun 2016 dan sudah memiliki lebih banyak user dibandingkan Twitter. Sejak itu banyak yang penasaran, ‘apa sih kepanjangan Android N?’

Akhirnya terbukalah misteri kalau singkatan ‘N’ merujuk pada Nougat. Nama ini diketahui lewat acara pembukaan patung Android yang dilengkapi potongan nougat di bagian bawahnya.

Sebelumnya, pada Mei 2016, Google mengajak semua orang untuk ikut menyumbang nama lewat website Android. Ada berbagai ide, mulai dari noodle, nachos, nectar, nuttela, sampai Norwegian smoked salmon.

 

Terpilihnya nama ‘Nougat’ mengundang komentar dari netizen. Ada yang mendukung tapi ada juga yang lebih memilih ‘Nutella’. Menurut mereka, everybody loves Nutella. Kemungkinan nama ini tidak dipilih karena terkait perizinan menggunakan merek produk.

 

Dengan versi terbarunya, sistem ini menawarkan berbagai kemudahan. Android N menerapkan mekanisme automatically download, jadi tidak ada lagi permintaan upgrade yang harus disetujui pengguna. Kita juga bisa menambah pilihan bahasa sesuai preferensi kita sendiri. Fasilitas lainnya antara lain Google keyboard theme dan menu multitasking.

Setelah Android N dirilis, banyak yang menduga sistem selanjutnya adalah Android O atau Android Oreo. Apapun versi terbarunya nanti, enjoy the sweetness of Nougat!

 

THE NEXT WEB | ANDROID AUTHORITY

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments