hero
Stade de France. (NET/UEFA)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

30 Juni 2016, 06:00 WIB

PERANCIS

Babak perempat final atau 8 besar Euro 2016 akan dimulai malam ini. Delapan tim yang memperebutkan posisi puncak sebagai juara Eropa adalah: Belgia, Islandia, Italia, Jerman, Perancis, Polandia, Portugal, dan Wales.

Pertandingan pertama babak perempat final adalah Portugal melawan Polandia yang akan tersaji di Stade Vélodrome, Marseille, Jumat, 1 Juli 2016 dini hari. Sebelum menyaksikan pertarungan-pertarungan 8 besar, simak 8 fakta unik berikut ini.

Swiss adalah tim yang gugur tanpa terkalahkan. 
Catatan Swiss sepanjang keikutsertaannya di Euro 2016 ini adalah 1 kali menang dan 3 kali seri. Lolos dari Grup A dengan posisi kedua, Swiss ketemu Polandia di babak 16 besar. Swiss terdepak setelah main imbang dan dilanjutkan adu penalti. Tim lainnya yang belum pernah kalah di babak 8 besar adalah Perancis, Jerman, Portugal, Islandia, dan Polandia.

Kemenangan Islandia atas Inggris tercatat sebagai sejarah David.
Skor 2-1 yang membungkam Inggris di babak 16 besar merupakan salah satu sejarah dalam penyelenggaraan Euro. Selain karena Islandia adalah tim debutan, kemenangan ini dicatat UEFA sebagai kemenangan David melawan Goliath. Kemenangan lain serupa adalah Portugal vs Yunani 0-1 (2004), Italia vs Republik Cek 1-2 (1996), Jerman vs Denmark 0-2 (1992), Inggris vs Swedia 1-2 (1992), Inggris vs Irlandia 0-1 (1988).

Polandia adalah tim termurah dari semua perempat finalis.
Total harga transfer pemain masing-masing tim menempatkan Belgia sebagai tim termahal  dengan nilai Rp 5,6 triliun. Tim termurah di babak 8 besar adalah Polandia dengan Rp 242 miliar diikuti Islandia Rp 341 miliar. Sisa enam tim lainnya bernilai di atas Rp 2 triliun. Selain harga pemain, pelatih Polandia Adam Nawalka adalah pelatih dengan bayaran termurah yakni Rp 3,5 miliar per tahun, diikuti pelatih Islandia Lars Lagerback Rp 6 miliar.

Inggris adalah tim termahal yang sudah tidak main.
Dari daftar harga termahal tim peserta Euro 2016, Inggris adalah tim paling mahal yang sudah keluar dari kompetisi. Setelah Belgia, tim termahal kedua adalah Jerman dengan Rp 4,6 triliun diikuti Inggris Rp 3,3 triliun. Berturut di bawahnya adalah Perancis Rp 3,2 triliun, Spanyol Rp 3,1 triliun, Portugal Rp 2,8 triliun, Italia Rp 2,7 triliun, dan Wales Rp 2,3 triliun. Selain harga tim, pelatih Roy Hodgson merupakan pelatih dengan bayaran termahal yakni Rp 61 miliar per tahun, diikuti pelatih Italia Antonio Conte Rp 54 miliar, dan pelatih Jerman Joachim Low Rp 36 miliar.

Tokoh-tokoh di 8 besar Euro 2016. (NET/Kito D.)

 

Gol bunuh diri Gareth McAuley bikin Euro 2016 terbanyak gol bunuh diri.
Gol bunuh diri bek Irlandia Utara Gareth McAuley tidak hanya membuat timnya rontok di babak 16 besar ketika menghadapi Wales. Tapi juga merupakan gol bunuh diri pencetak rekor. Selama Euro 2016 ini sudah ada tiga gol bunuh diri. Angka ini merupakan yang terbanyak sepanjang penyelenggaraan Euro sejak 1976.

Kiper terhebat adalah Hannes Thor Halldorsson.
Gianluigi Buffon boleh punya nama besar dengan sederet prestasi. Gawang Manuel Neuer boleh belum pernah dibobol. Tapi yang terhebat sampai babak 16 besar adalah kiper Islandia Hannes Thor Halldorsson. Sampai dengan babak grup, Halldorsson membuat 18 kali penyelamatan yang merupakan tertinggi di antara semua kiper. Sewaktu mengandaskan Inggris di 16 besar, Halldorsson juga membuat beberapa penyelamatan gemilang dari lima tembakan on target Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Fenomena Eden Hazard dan Kevin De Bruyne.
Tim Belgia punya duet maut: Eden Hazard dan Kevin De Bruyne. Mereka masing-masing menyumbangkan tiga assist untuk total 7 gol yang diciptakan Belgia di Piala Eropa ini. Uniknya, jumlah assist Hazard di empat pertandingan itu sama banyaknya dengan jumlah assist dia bersama Chelsea selama satu musim penuh di 2015/2016.

Penalti tercepat oleh Robbie Brady.
Partai Republik Irlandia melawan Perancis menorehkan catatan tersendiri. Penalti yang dieksekusi Robbie Brady menjadi gol, merupakan penalti tercepat sepanjang penyelenggaraan Euro. Penalti itu dilesakkan setelah pertandingan berjalan 1 menit 58 detik. Perancis yang kemudian unggul 2-1 juga punya cerita. Ini pertama kali Perancis comeback setelah 2004 ketika melawan Inggris.

TITO SIANIPAR | BERBAGAI SUMBER

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments