hero
The Jak ketika mendukung Persija. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

29 Juni 2016, 00:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sedikitnya delapan orang fans klub Persija Jakarta ditangkap aparat karena diduga terkait kerusuhan dan penganiayaan terhadap polisi. 

"Mereka ikut serta melakukan pengejaran dan pemukulan terhadap anggota polisi," kata Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono, Selasa, 28 Juni 2016.

Para penggemar Persija itu ditangkap atas berbagai dugaan, yakni pemukulan dan penganiayaan polisi, penyebaran kebencian via media sosial, dan perusakan mobil polisi. Dua yang terbaru yang ditangkap polisi adalah MDN dan RZM yang ditangkap Senin 27 Juni 2016 malam.

Setidaknya enam polisi menjadi korban kekerasan oleh suporter Persija pada Jumat, 24 Juni 2016, tatkala Persija menghadapi Sriwijaya FC di Gelora Bung Karno, Senayan. Tiga orang masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara, sementara Brigadir Hanafi yang mengalami luka paling parah dirujuk ke RS Pertamina.

Kerusuhan pecah pada menit ke-81 ketika Persija ketinggalan 0-1 dari Sriwijaya. The Jak --julukan suporter Persija merangsek masuk ke lapangan. Kerusuhan dan kekerasan berlanjut hingga ke luar stadion. Beberapa unit mobil polisi dirusak. Bahkan seorang pedagang juga diduga jadi korban kekerasan.

Polisi mulai mengusut pelaku dari gambar dan rekaman yang terjadi di stadion. Berikutnya polisi menelusuri rekam jejak digital karena ada dugaan penghasutan dan mengajak melakukan kekerasan terhadap polisi.

"Akhirnya tim kami bergerak karena ada perkembangan dari facebook dan instagram. Mereka sudah mulai upload terkait ujaran kebencian. Di situlah tim mulai bergerak," kata Awi.

Selain pelaku kekerasan, polisi juga menindak anggotanya yang melakukan sweeping terhadap The Jak seusai kerusuhan di Senayan. Sebanyak 15 anggota polisi dari berbagai satuan diproses internal, diantaranya Detasemen Gegana Polda Banten, Brimob Polda Banten, Sabhara Polda Metro Jaya, Bidang Humas Polda Metro Jaya, Ditpolair Polda Metro Jaya, dan Sabhara Polres Jakarta Timur.

PRITA KUSUMA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments