hero
Jajanan Takjil Untuk Buka Puasa

EDITOR : PUTU DYAH

20 Juni 2016, 16:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Di suatu sore menjelang buka puasa, penjual gorengan baru mengangkat makanannya dari dalam wajan. Aroma gurih, manis dan hangat  menggoda siapa saja yang lewat. Nggak jauh dari tukang gorengan, ada deretan penjual kolak dan sop buah dengan tampilannya yang segar. Akhirnya, nggak sedikit dari kita yang memilih menu ini untuk berbuka puasa. Enak dan pastinya bikin kenyang.

Seperti pada gambar di atas, dari empat orang yang ditanya hampir semuanya berbuka  dengan menu gorengan plus minuman-minuman manis. Tapi di balik nikmatnya makanan dan minuman itu,  sebenarnya seberapa sehat sih mereka buat tubuh kita? Berapa banyak kalori yang ada di dalamnya? Berikut hitungan jumlah kalori yang NET Z kumpulkan dari http://www.fatsecret.co.id.

Gorengan

Satu potong gorengan mengandung lebih dari 100 kalori. (NET/ Diyas Pradana)

Kecil-kecil tapi besar kalorinya. Makanan yang ada hampir di semua tempat ini memang bikin nagih. Sering tanpa sadar, kita sudah menghabiskan banyak gorengan dalam waktu singkat. Padahal dalam 100 gram gorengan ada kalori yang cukup tinggi. Misalnya bakwan mengandung 137 kkal/100 gram dan cireng 348 kkal/100 gram. Jumlah ini sama dengan kalori yang ada dalam sepiring nasi putih, yaitu sebanyak 129 kkal/100 gram. Ditambah lagi minyak yang dipakai untuk membuat gorengan bisa menambah asupan lemak dalam tubuh kita.

Lontong

Tumpukan lontong yang jadi teman setia makan gorengan. (NET/ Diyas Pradana)

Makan gorengan rasanya kurang lengkap kalau belum ditambah lontong plus sambal kacangnya. Makanan kukus yang dibuat dari beras dan dibungkus daun pisang ini rasanya cukup mengganjal perut setelah seharian puasa. Berapa kalori yang ada dalam lontong? Jawabannya 144 kkal/100 gram.

Kolak

Kolak bersantan dan manis dengan berbagai isian. (NET/ Diyas Pradana)

Minuman khas bulan Ramadan ini bisa divariasi dengan berbagai isian. Mulai dari pisang, kolang-kaling, ubi. Pastinya ada rasa gurih dari santan dan manis dari gula yang jadi ciri khas kolak. Dalam satu porsi kolak, setidaknya terkandung kalori sebanyak 163 kkal/100 gram.

Es buah

Sop buah. (NET/ Diyas Pradana)

Rasa manis dan segar dengan bermacam varian buah, membuat minuman ini jadi pilihan pas untuk berbuka. Sedikit lebih rendah dari kolak, dalam 100 gram es buah terdapat 128 kkal.

Nah, kan sudah ada hitung-hitungannya. Coba sekarang kita kalkulasi, kalau dalam sekali berbuka kita mengonsumsi  es buah, satu lontong dan 3  gorengan, maka jumlah kalorinya :  128 kkal + 144 kkal +  3 (137 kkal)  = 683 kkal

Jumlah ini sama dengan kalori yang kita dapat dari :  1 double cheseburger + 1 porsi kecil french fries atau 2 slice pizza.

Do we need this much for our break fasting?

Menurut Spesialis Gizi dr. Cindiawaty Pudjiadi, pilihlah makanan berbuka puasa yang tidak berlebihan kalorinya. Terutama makanan manis yang bisa meningkatkan gula darah secara mendadak. "Es buah, gorengan, kolak, semua mengandung karbohidrat sederhana, jadi kalau berlebihan akan menyebabkan jumlah asupan meningkat,” jelas dokter Cindi.

Setiap makanan mengandung jumlah kalori yang berbeda-beda. Termasuk makanan berbuka seperti kolak, es buah, tergantung juga pada bahan isian yang dipakai. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kkal per hari untuk perempuan dan 2500 kkal per hari untuk laki-laki. Sebaiknya saat berbuka kita tidak langsung mengonsumsi hingga lebih dari 600 kkal. Apalagi nanti akan dilanjutkan dengan makan besar untuk menambah tenaga.

Memang tidak ada dampak langsung pada tubuh kalau asupan kalori kita berlebihan. Tapi dampak panjangnya akan ada potensi kegemukan dan penyakit degeneratif, seperti jantung, stroke dan diabetes. Kalian tentu nggak mau kan habis puasa, badan justru tambah melar atau ada penyakit di tubuh kita?

Bagaimana sebaiknya pola makan kita saat berbuka? Mulailah dengan yang sehat, seperti air putih. Cairan netral ini dapat langsung diterima tubuh kita dan mengaktifkan kerja sistem tubuh. Untuk makanan, bisa dengan buah kurma yang sifatnya mengenyangkan dan dalam satu buahnya hanya mengandung 23 kkal. Buah-buahan lain yang berair dan manis juga bisa jadi alternatif makanan sehat dibandingkan berbuka dengan gorengan. Setelah itu beri jeda selama 1 sampai 2 jam sebelum mengonsumsi makanan berat, berupa nasi dan lauk-pauknya.

Bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, momen ini bisa jadi waktu yang pas untuk memperbaiki pola makan. Tubuh juga mengalami detoksifikasi tubuh karena sistem pencernaan mengalami ‘masa istirahat’. Jadi bagaimana, sudah ada pilihan menu sehat untuk berbuka hari ini?

DIYAS PRADANA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments