EDITOR : DASNITA M. SINAGA

20 Juni 2016, 14:08 WIB

JEPANG

Salah satu jenis robot terbang atau pesawat tanpa awak yang sedang populer saat ini adalah nano drone,  yaitu quadcopter kecil yang memiliki empat baling-baling. Mainan produksi Jepang ini disebut-sebut sebagai drone terkecil di dunia.

"Drone kami saat ini memiliki dua kemampuan. Mereka dapat diarahkan oleh orang-orang atau terbang di sekitar secara otomatis dan aman," kata Chief Operating Officer Nikko Kyosho Egg kepada Reuters.

Meski ukurannya kecil, nano drone dikemas dengan teknologi baru dan canggih yang membuat Quadcopter ini tidak hanya seru untuk dimainkan tapi juga aman untuk diterbangkan di dalam ruangan. Ini karena setiap bagian tajam pada baling-baling dibungkus dengan penutup untuk melindungi agar orang tidak terluka saat memainkannya.

Rata-rata berat dari mini drone ini nggak lebih dari 200 gram. Ini sesuai dengan peraturan pemerintah Jepang tentang izin terbang, terutama di luar di daerah ramai atau perumahan.

Perusahaan mainan Jepang lain, CCP Co Ltd, menambahkan kamera kecil pada nano drone buatan mereka, agar bisa merekam gambar saat diterbangkan dengan durasi 4 menit.

"Kami menciptakan produk ini dalam menanggapi permintaan pelanggan. Mereka ingin mengambil gambar dan video dari ketinggian yang berbeda dan perspektif menggunakan drone," kata Shogo Matsuda, pengembang CCP Co Ltd.

Untuk menghindari penggunaan pesawat udara tanpa awak berlebihan di luar ruangan, beberapa perusahaan mainan di Jepang merekomendasikan agar penerbangan drone dilakukan di dalam ruangan saja.

"Dibandingkan dengan negara-negara lain, rumah-rumah dan halaman di Jepang ukurannya lebih kecil. Jadi nano drone memiliki keuntungan, dapat terbang di dalam rumah atau taman kecil di Jepang," kata insinyur mainan berusia 35 tahun, Shuichi Kukihara.

Satu buah drone terbaru bisa kamu bawa pulang dengan harga 1.500 USD atau sekitar Rp 19 juta, sedangkan untuk nano drone harganya lebih murah yaitu sekitar Rp 800 ribu dan Rp 1,3 juta untuk nano drone dengan kamera. Tertarik mencoba mainan baru ini?

 

REUTERS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments