hero
Ketua KPK Agus Raharjo (NET/Tiafany)

EDITOR : TITO SIANIPAR

15 Juni 2016, 21:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan penyuapan oleh seorang pengacara terhadap panitera yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. 

"Benar memang ada OTT (operasi tangkap tangan)," kata Ketua KPK Agus Raharjo, di kantornya, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2016. "Yang ditangkap satu panitera dan satu pengacara," tambah Agus.

Agus mengatakan jumlah uang yang disita dari para pelaku adalah Rp 350 juta. Tetapi belum diketahui motif penyuapan terkait kasus apa.

Salah satu dugaan yang mencuat adalah terkait sidang pedangdut Saipul Jamil yang pada Selasa, 14 Juni 2016, beragendakan pembacaan putusan. Saipul dihukum 3 tahun karena mencabuli anak di bawah umur, jauh di bawah tuntutan jaksa yang 7 tahun penjara.

Agus tidak membantah jika para pelaku yang ditangkap terkait kasus Saipul. "Mungkin ada kaitannya," ujar Agus soal panitera berinisial R dan pengacara berinisial S itu.

Wakil Ketua KPK La Ode Syarif mengatakan penangkapan suap di lingkungan peradilan ini seharusnya menjadi pelajaran berharga. "Karena Pengadilan itu lembaga terakhir orang mencari keadilan. Oleh karena itu harus lebih baik dibanding intitusi lain," ujar La Ode.

AZ ZAHRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments