hero
Pesta kemenangan Inggris pupus di masa injury time. (Skysport)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

12 Juni 2016, 12:00 WIB

PERANCIS

Asa pesta kemenangan Inggris pada laga perdana mereka di Grup B Euro 2016 pupus. Yang lebih menyakitkan, Three Lions kehilangan angka penuh melawan Rusia di masa injury time, Minggu, 12 Juni 2016 dini hari.

Melawan Rusia, Inggris tampil penuh kejutan. Termasuk Roy Hodgson yang belum memberi tempat bagi Jamie Vardy. Sepanjang jalannya babak pertama, starting eleven yang diturunkan Hodgson tampil padu. Tapi kepiawaian Igor Akinfeev di bawah mistar Rusia membuat usaha Inggris nihil.

Di babak kedua, peluang Inggris datang setelah Dele Alli dilanggar. Tendangan bebas yang diberikan wasit dimanfaatkan dengan baik oleh Eric Dier yang mengubah kedudukan menjadi 1-0. Dier menjadi pemain Tottenham Hotspur ke-8 yang menyumbangkan gol untuk timnas Inggris di semua kompetisi.

Tapi tambahan waktu mengubah segalanya. Inggris dipaksa berbagi angka dengan Rusia lewat tandukan Vasili Berezutski yang diteruskan Denis Glushakov. Skor 1-1 ini sekaligus menambah catatan buruk Inggris yang tidak pernah menang di laga pembuka mereka di ajang Piala Eropa.

Poin 1 yang diraih Inggris menempatkan mereka menjadi nomor 2 di grup E. Sementara pemuncak klasemen dipegang oleh Wales yang berhasil mengatasi Slovakia 2-1.

Kisah Wales nyaris sama dengan Inggris. Setelah pembuka diciptakan Gareth Bale di seperempat laga baru berjalan, gol balasan datang dari kubu lawan belakangan.

Bedanya dengan Inggris, menit-menit akhir jelang peluit panjang Hal Robson-Kanu jadi penyelamat Wales. Pergantian pemain yang dilakukan Chris Coleman tak sia-sia.

"Saat kamu mengganti pemain, kadang bisa berhasil, kadang tidak. Kita perlu memotivasi pemain cadangan dan Hal (Robson-Kanu) membuktikannya", puji Coleman untuk pemainnya saat konferensi pers.

Hasil 2-1 menjadi kemenangan perdana Wales yang untuk pertama Kali sejak 1958 tampil di Euro.

Selain dua partai di grup B, satu partai dari grup A mempertemukan Swiss dan Albania. Laga ini juga menjadi sejarah dalam Euro yang mempertemukan kakak beradik Thaulant Xhaka dan Granit Xhaka di dua Tim yang berbeda. Tim yang dibela sang adik, Granit Xhaka yang keluar sebagai pemenangnya dengan skor tipis 1-0.

GIETA MAHYARANI | ESPNFC.COM | UEFA.COM


Susunan pemain 
Inggris
England: Hart; Walker, Cahill, Smalling, Rose; Alli, Dier, Rooney (Wilshere, '78); Lallana, Kane, Sterling (Milner, '87). 
Rusia
Russia: Akinfeev; Smolnikov, Ignashevich, Vasili Berezutski, Schennikov; Neustädter (Glushakov, '80), Golovin (Shirakov, '78); Smolov (Mamaev, '85), Shatov, Kokorin; Dzyuba.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments