hero
Didier Deschamps (Marca)

UEFA EURO 2016

EDITOR : TITO SIANIPAR

10 Juni 2016, 14:05 WIB

PERANCIS

Laga perdana Euro 2016 akan berlangsung di Stade de France, dini hari Sabtu, 11 Juni 2016 nanti. Perancis selaku tuan rumah akan meladeni wakil Balkan, Rumania.  

Melakoni laga perdana dengan status tim unggulan bukan perkara mudah bagi pelatih Didier Deschamp dan timnya. Di depan ribuan pendukungnya sendiri, tekanan besar ada di pundak para punggawa Les Blues.

Hal ini masih ditambah tidak harmonisnya Perancis. Di laga ujicoba terakhir kontra Kamerun, Olivier Giroud --striker utama ayam jantan, justru dicemooh fans. Tapi pemain Arsenal tersebut sukses menjawab cemooh tadi dengan gol. Performanya bersama tim nasional tak berbanding lurus dengan resepsi fans. Dari 4 laga terakhir, Giroud sudah menyumbang tiga gol.

Sejatinya, menjadikan Giroud sebagai striker utama adalah perjudian Deschamps yang mencoret nama Karim Benzema. Keputusan asosiasi sepakbola Perancis FFF dan Deschamps untuk tidak membawa Benzema juga sempat mendapat penolakan. Terlebih saat Benzema menuduh balik ada unsur rasisme dalam pemilihan skuat yang dibawa ke Euro 2016.

BACA JUGA: Aturan Baru Sepakbola, Penalti Lebih Susah

Tapi Deschamps tak ingin tragedi tahun 2010 terulang, dimana pencoretan Nicolas Anelka jadi pemicu terpecahnya kekompakan tim Perancis kala itu. 

Apa yang dilakukan Deschamps hanya membawa yang terbaik dan tidak rentan kasus. Deretan nama pemain yang dibawa sejauh ini cukup mumpuni. Bahkan punya kekuatan terbaik di lini tengah dan depan.

Nama-nama seperti Paul Pogba, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi, hingga Dimitri Payet menjadi jaminan moncernya lini serang tuan rumah. Sejauh ini para pemain tersebut sudah bisa beradaptasi dan menunjukkan perkembangan baik untuk tim.

Meski begitu, tetap saja Perancis masih punya PR dalam urusan pertahanan. Deschamps mencoba menutupinya dengan memaksimalkan peran Ngolo Kante untuk membantu duet Laurent Koscielny dan Adil Rami. Ini yang diterapkan Deschamps dalam empat laga ujicoba terakhir, dimana Perancis selalu menang.

Menghadapi Rumania dalam 10 laga terakhir pada semua kompetisi, Perancis belum terkalahkan dengan catatan 5 kali kemenangan. Namun 5 hasil lainnya, Perancis harus berbagi angka dengan Rumania.

Tak hanya itu, keuntungan sebagai tuan rumah juga bukan sesuatu yang bisa diandalkan. Sejarah mencatat hanya Ukraina tim yang berstatus sebagai tuan rumah mampu menang di partai perdana. Itupun terjadi tahun 2004 silam. Mampukah Perancis mematahkan teori yang ada? Atau justru Rumania yang bisa mempermalukan tuan rumah?

Gieta Mahyarani

 


Prakiraan susunan pemain
Perancis:
Lloris; Sagna, Rami, Koscielny, Evra; Pogba,Kante, Matuidi,Griezmann; Giroud Payet

Rumania:
Tatarusanu; Sapunaru,Chiriches, Grigore, Rat; Pintili,Hoban; Popa,Stanciu, Stancu; Andaone

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments