Hati-hati Bermain Petasan

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

8 Juni 2016, 09:17 WIB

SUMATERA UTARA, INDONESIA

Datangnya bulan suci Ramadan dirayakan dengan suka cita oleh umat muslim. Bagi sebagian kalangan, terutama anak-anak perayaan tersebut biasanya dilakukan dengan menyalakan petasan. Namun, apa jadinya jika petasan itu justru meledak dan melukai diri sendiri?. 

Kisah tragis tersebut dialami oleh Rezeky Pamungkas (12) yang terpaksa harus menjalani perawatan di ruang Mawar Rumah Sakit Katarina, Kota Kisaran, Sumatera Utara karena terkena ledakan petasan di lengan sebelah kiri dan jarinya. Peristiwa na'as tersebut mengakibatkan jari bocah asal Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara harus diamputasi. 

"Untuk saat ini masih lemah baru selesai penanganan rekonstruksi posisi tulang karena hancur kena petasan. Bagian lengan kiri dan jari jentik sebelah kiri terpaksa diamputas,” kata Saharuddin Lubis, perawat saat ditemui oleh NET pada Selasa 7 Juni 2016. 

Rezeki Pamungkas & Sri Hartati, 7 Juni 2016. (NET/Irwansyah Putra Nasution)

Peristiwa ini berawal ketika korban bersama dengan beberapa temannya bermain petasan usai salat tarawih. Saat asik bermain, tiba-tiba petasan meledak dan melukai lengannya. Beberapa temannya kaget dan langsung meminta bantuan. Rezeky mengaku petasan tersebut dibeli dengan harga Rp 25 ribu di sepanjang jalan Kota Kisaran. 

"Kami sudah larang main petasan, tapi bagaimana anak-anak tidak bisa dilarang. Petasan itu tinggi besar," tutur Sri Hartati, nenek korban. 

Pihak rumah sakit mengatakan jika saat ini korban harus menjalani perawatan hingga satu minggu kedepan untuk memperbaikin tulang lengan yang hancur. Sementara pihak keluarga berharap agar pemerintah setempat menertibkan penjualan petasan agar peristiwa serupa tidak terulang kembali. 

Reporter: Irwansyah Putra Nasution

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments