Wisata seni di tengah alam Namibia. (Foto | APTN)

Wisata Unik

EDITOR : PUTU DYAH

2 Juni 2016, 22:50 WIB

NAMIBIA

Seekor cheetah melintasi padang gersang di Suaka Alam Na'an Kuse, Namibia. Hewan tercepat di dunia ini bergerak anggun di depan orang-orang yang mengamatinya dengan seksama. Di sudut lain, badak bertubuh besar sedang istirahat santai di bawah pohon. Setiap detail tubuh dan tingkah binatang-binatang ini terekam, diekspresikan dalam gambar. Potret kegiatan ini hadir dalam wisata safari khusus, Art Safari, Journey for Creative Explorers. 

Tamasya ini banyak diikuti seniman dari berbagai kalangan. Ada yang sudah puluhan tahun mengikuti safari seni, ada juga yang baru pertama kali seperti Fran Williams. Walaupun tidak punya latar belakang melukis, Fran menemukan sensasi tersendiri saat membuat sketsa binatang dari jarak dekat. “Saat duduk dan menggambar binatang, kita punya kesempatan untuk melihat ke dalam jiwanya," ujar Fran.

 

Seperti namanya, Art Safari tidak berhenti di satu tempat melainkan berpindah-pindah lokasi, tergantung objek hewan yang ingin ditemukan. Kegiatan ini tidak hanya mewadahi keinginan para seniman. Seperti yang dituturkan Balon Teko, seorang pemandu di suaka alam ini, “Na’an Kuse hadir sebagai  surga yang aman untuk hewan liar. Mereka terancam bahaya karena terlibat konflik dengan petani.”  Adanya wisata ini diharapkan bisa membuka mata publik, bahwa binatang yang hidup di alam tidak selalu buas dan berbahaya. Buktinya, cheetah yang dianggap ganas pun bisa jadi teman bagi wisatawan. 

Selain Namibia, Art Safari juga diadakan di negara lain yang punya kekayaan alam khas. Seperti India, Galapagos dan Maroko. Dalam satu tahun, wisata dapat berlangsung di beberapa negara, disesuaikan dengan musim dan kebiasaan hewan agar mendapat momen terbaik. Tertarik untuk merasakan sensasi berseni di alam liar?  Siapkan dulu dananya. Salah satu penyelenggaranya di Inggris, menetapkan tarif  £ 3270 atau sekitar Rp 64 juta. Harga ini diluar biaya visa, perlengkapan melukis dan aktivitas tambahan. Buat peserta, ada bonus menanti, yaitu workshop menggambar dari seniman atau safari artist yang ikut dalam wisata. Bagaimana, tertarik ikut wisata unik ini?

APTN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments