Dubai office yang dibuat dengan printer 3 dimensi. (Foto: APTN)

Inovasi Bangunan

EDITOR : PUTU DYAH

1 Juni 2016, 17:50 WIB

UNI EMIRAT ARAB

Dubai kembali bereksprimen di bidang konstruksi. Bukan lagi menara tinggi seperti Burj Khalifa atau tempat menginap di dalam air, Seahorse Villa.  Kali ini, Dubai membangun kantor dengan printer 3 dimensi, yang disebut sebagai the first 3D printed office.

Desain bangunan dibuat menggunakan komputer. Kemudian setiap bagian yang tersusun dari material gabungan beton, plastik, dan besi dicetak menggunakan printer 3D. "Kenapa memakai printer 3D? Karena lebih masuk akal untuk biayanya, waktu, dan tentu lebih efisien. Kami sangat yakin teknologi ini menjadi revolusi di bidang konstruksi," jelas Saif Al-Aleeli,  CEO Dubai Future Foundation.

Pembuatan konstruksi dilakukan oleh perusahaan asal Tiongkok, WinSun Global. Mereka menggunakan mesin cetak setinggi 20 kaki untuk menyusun tiap lapis potongan. Hanya dibutuhkan waktu 17 hari untuk menghasilkan 17 bagian, yang kemudian dibawa ke Pelabuhan Gulf, Dubai. Sementara pekerja cuma memerlukan  2 hari untuk menggabungkannya menjadi satu bangunan kantor.

Pemanfaatan printer 3 dimensi dinilai mampu menghemat biaya hingga 50% dibanding cara pembangunan konvensional. Biaya yang diperlukan 'hanya' US $ 140 ribu atau sekitar Rp 1,9 milyar.  Selain konstruksi bangunan, printer 3D juga dipakai untuk membuat interior dalam kantor,  lengkap dengan instalasi listrik, air dan  pendingin ruangan.

Bangunan tunggal ini berada satu area dengan Emirates Tower dan Dubai International Financial Center. Fungsinya sebagai markas sementara dari Dubai Future Foundation, perusahaan dibalik proyek konstruksi ini.

3D printed office  diresmikan pemerintah Dubai 23 Mei lalu. Keberhasilan proyek ini mendorong pemerintah Dubai untuk memanfaatkan teknologi serupa dalam pembangunan berbagai gedung di kawasan Teluk Persia ini. "Di masa depan nanti akan banyak yang dicetak dengan printer 3D. Saya tidak kaget kalau 20 tahun lagi bangunan-bangunan di kota tercetak dari printer 3 dimensi " kata Saif Al-Aleeli.

 APTN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments