Airy Putra Leo, Fotografer Unik

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

27 Mei 2016, 16:32 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Memotret berbagai keindahan alam atau sebuah bangunan bisa jadi sesuatu yang lazim dilakukan oleh sebagian masyarakat. Namun kalau memotret boneka? Nah, ini sedikit berbeda. Kegemaran memotret yang tidak biasa ini kerap dilakukan oleh Airy Putra Leo. Pria berusia 25 tahun ini mendapatkan ide awal setelah menyaksikan 'America's Next Top Model', sebuah reality show pencarian model berbakat Amerika besutan supermodel Tyra Banks.

"Waktu itu aku masih SMA. Aku lihat hasil pemotretannya kok bagus-bagus ya. Ingin buat foto seperti itu, tapi mana mungkin," ujar Leo di acara Indonesia Morning Show, NET, di Jakarta, Jumat 27 Mei 2016. 

Airy Putra Leo, 27 Mei 2016 (Dok. Pribadi)

Meskipun belum memiliki kamera digital yang canggih, hal itu tidak menyurutkan niat pria asli Makassar, Sulawesi Selatan ini untuk menyalurkan hobinya.

Berbekal modal nekat, Leo akhirnya  membeli boneka Barbie keluaran Mattel seharga Rp 300 ribu dan ponsel berkamera. Akhirnya terwujudlah ide tersebut. Tak hanya memotret, Leo juga memerhatikan setiap detilnya, mulai dari pilihan busana, makeup dan hair-do, hingga lokasi pemotretan. 

Boneka-boneka Barbie yang cantik, seksi dan fashionable, kemudian diarahkan Leo untuk unjuk kebolehan berpose di depan kamera. Berbalut busana modis, mereka tampil bak model sungguhan.

Boneka Barbie, 27 Mei 2016 (Airy Putra Leo) 

Untuk urusan riasan wajah dan gaya rambut, Leo melakukannya sendiri. Namun untuk gaun boneka, ia meminjam dari kenalannya di Facebook. Begitu pula untuk properti lainnya, seperti aksesori, juga hasil pinjaman. Uniknya, untuk pencahayaan, Leo hanya menggunakan lampu meja dan cermin untuk mendapatkan pantulan cahaya yang maksimal.

Meski berbekal peralatan sederhana, hasil jepretannya hampir menyerupai gambar-gambar fotografer profesional yang biasa terpampang di halaman majalah fashion. Seperti anak muda kebanyakan, Leo memanfatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk memamerkan hasil karyanya. Lihat saja akun Instagram Leo, @LeoChris91, yang kini memiliki 14 ribu lebih pengikut. Di akun tersebut terdapat 891 posting-an yang hampir semuanya adalah foto-foto aksi para boneka.

Kumpulan Foto Boneka, 27 Mei 2016 (Instagram @leochris91)

Gayung bersambut, Leo mendapatkan apresiasi dari banyak orang, termasuk dari model terkenal seperti Tyra Banks. Iseng-iseng, ia pernah mencantumkan tag nama akun Instagram Tyra di salah satunya fotonya. Tyra pun sempat meresponnya. 

Selain Tyra, karya Leo juga dikagumi Tex Saverio, seorang desainer kondang Indonesia. Ia bahkan diminta untuk memotret boneka-boneka dalam balutan busana ready-to-wear versi mini karyanya. Tidak hanya itu, salah satu karya Leo bahkan terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Beauty Doll 2016. Sebuah ajang pemilihan ratu sejagad di Thailand, dimana boneka Barbie menjadi modelnya.

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments