Komutta, Aplikasi Transportasi

EDITOR : PUTU DYAH

28 April 2016, 05:34 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Hidup di Jakarta ngga punya kendaraan pribadi? Gampang! Naik aja kendaraan Umum. 

Mau naik kendaraan umum, tapi ngga paham rutenya? Unduh aplikasi Komutta!

 

“It is not what technology does to us, it is what we do to technology. Get smart with technology, choose wisely and use it in a way that benefits both you and those around you.”

Aplikasi buatan anak bangsa bernama Abangkis Pribadi ini berisi informasi rute perjalanan. Mulai dari titik keberangkatan sampai lokasi tujuan. Ada juga pilihan kendaraan yang bisa kita pakai untuk mengakses destinasi tersebut.  Misalnya, kita mau memakai transjakarta. Di aplikasi kita harus memasukkan nama halte keberangkatan dan halte tujuan. Nanti akan muncul alternatif jalur dan halte yang dilalui sepanjang rute itu. Kalau kita akan berganti ke kendaraan lain, sistem pencariannya beda lagi. 

Untuk kereta listrik, pengguna aplikasi bisa memilih stasiun keberangkatan dan jadwal yang diinginkan. Supaya nggak ketinggalan kereta, ada menu alarm yang akan mengingatkan kita. Alarm notifikasi ini bisa diatur mulai dari lima menit sampai satu jam sebelum kereta berangkat.  Informasi soal moda transportasi lain, seperti angkutan umum (angkot) dan metromini juga tersedia. Aplikasi akan menyediakan keterangan nomor bus, rute, dan jadwal keberangkatan umumnya. 

Aplikasi Komutta

Sejak dibuat September 2011 lalu, 'Komutta' sudah diunduh lebih dari seratus ribu kali. Di Google Play Store, aplikasi ini mendapat apresiasi dengan poin 4,5/5. Fitur dan info dalam aplikasi terus diperbarui, terutama kalau ada tambahan rute kendaraan. Sekarang Komutta juga bisa di download lewat sistem iOS untuk melayani pengguna iPhone. 

Aplikasi semacam 'Komutta' bukan cuma di Indonesia. Di Jepang misalnya, ada Japan Train, Hyperdia, dan Navitime. Aplikasi ini menampikan rute-rute subway.  'Komutta' dan aplikasi sejenis menjadi bukti kalau teknologi bisa memudahkan kita mengakses informasi.  Soal penggunaan teknologi, ada satu quote yang pas supaya kita bisa mengaplikasikannya secara tepat.

Reporter: Mochammad Syaefuddin

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments