hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

18 Februari 2020, 13:37 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Minum kopi sebagai gaya hidup sehari-hari masyarakat kita. Biasanya penggemar kopi selalu minum sebelum mulai beraktivitas pagi. Di Indonesia sendiri ada beragam varian kopi yang bisa dinikmati, mulai dari kopi arabika Gayo, Kintamani, Toraja hingga kopi robusta dari Temanggung. Tapi, belakangan ini ada beragam rasa kopi yang unik dan belum ada sebelumnya apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. KOPI NANGKA

(NET.CJ Eksani)

Kalau kamu jalan-jalan ke Boyolali, mampir sejenak ke Omah Kopi Ngemplak untuk mencoba sensasi kopi nangka. Lokasi ada di Desa Banyuanyar, Ampel, Boyolali. Daerah Ampel memang terkenal sebagai sentra penghasil kopi sejak zaman Belanda.

Kedai ini punya beragam menu kopi yang nikmat, seperti kopi robusta dan kopi nangka. Saat pesan kopi nangka kamu bakal disuguhi kopi yang beraroma nangka dengan sensasi rasa asam, pahit dan manis yang bercampur jadi satu.

Untuk menikmati kopi nangka kamu hanya perlu membayar Rp15 ribu sudah dengan sepaket kudapan. Atau kamu juga bisa membeli bubuk kopi yang sudah dikemas dengan harga Rp17 ribu per kemasan.

2. KOPI KULIT PISANG

(NET.CJ Deni Agustian)

Kulit pisang yang biasanya berakhir begitu saja di tempat sampah, justru di tangan Fitria Nurul Imamah, jadi minuman dengan rasa nikmat. Wanita muda di Sumenep, Madura, Jawa Timur ini mampu mengolah kulit pisang dengan cara sederhana dan disulap jadi minuman yang bisa dinikmati semua kalangan.

Awalnya Fitria melakukan penelitian pada kandungan kulit pisang dan ternyata kulit buah berwarna kuning ini kaya akan manfaat terhadap kesehatan tubuh seperti mengurangi stres dan mempercantik kulit. Kunci nikmatnya kopi kulit pisang ini terletak pada pemilihan pisang yang berkualitas dan hanya pisang kepok saja.

Pisang kepok dikupas kemudian potong jadi bagian-bagian kecil dan getahnya dibuang dengan cara direndam serta dicuci sampai bersih. Setelah itu dimasukkan dalam oven 30 menit untuk proses pengeringan dan siap untuk disangrai selama 5 menit agar tidak menghilangkan aroma alami pisang.

Setelah disangrai, pisang siap diblender agar halus dan dilanjutkan dengan proses pencampuran sesuai varian rasa. Langkah terakhir adalah pengemasan.Voila! Kopi kulit pisang siap untuk diseduh.

Yang bikin kopi ini jadi makin spesial yaitu tiga varian rasa yang bisa dipilih seperti rasa original, susu dan cokelat. Kamu perlu siapkan uang Rp8 ribu untuk rasa original dan Rp10 ribu untuk rasa susu dan cokelat.

3. KOPI RAROBANG

(NET.CJ Rheno Rudy Yusetiyono)

Kopi Rarobang adalah kopi khas Ambon yang kenikmatannya terletak pada aroma kopi yang bercampur dengan rempah-rempah. Untuk bisa nikmati kopi ini, kamu bisa datang ke Warung Kopi Sibu-Sibu di Jalan Said Perintah, Kota Ambon.

Tendangan kafein dan ketajaman aromanya sukses mengusir rasa kantuk saat kamu menyeruput kopi ini. Selain itu, Kopi Rarobang dipercaya bisa menambah stamina bagi penikmatnya.  

Yang membuat unik kopi ini adalah racikannya yakni merupakan kopi hitam arabika yang diseduh bersama dengan rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, sereh dan irisan kacang kenari.

Kalau kamu kurang menyukai ketajaman rasa kafein dan rempah, kedai ini menawarkan pilihan kopi dengan tambahan madu agar rasanya lebih manis. Dibanderol dengan harga Rp15 ribu, kamu sudah bisa cicipi kopi khas Ambon ini.

ESTHER CRAMER | DENI AGUSTIAN | EKSANI | RUDY YUSETIYONO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments