hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Januari 2020, 11:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Selama ini banyak yang menilai kalau makanan manis merupakan sumber beragam penyakit, mulai dari obesitas, kerusakan gigi, diabetes, dan lain sebagainya. Padahal, jika mengkonsumsinya dalam porsi yang cukup justru bisa berdampak baik bagi tubuh loh. Sebuah penelitian ilmiah yang dilansir pada Fox40 menyebutkan dengan mengonsumsi makanan manis setiap hari bisa memberi manfaat pada tubuh seperti sumber energi, memperbaiki mood, hingga meningkatkan kemampuan berpikir.

Banyak yang enggak tahu kalau glukosa itu adalah bahan bakar otak, sehingga jika mengonsumsi makanan manis  kita bisa meningkatkan daya ingat, proses berpikir, dan konsentrasi. Nah, jika simpanan glukosa dalam hati dan otot habis, tubuh akan menggunakan lemak dan protein untuk mendapatkan energi. Akan tetapi, ketika lemak dan protein habis tubuh akan menggunakan otot untuk mendapatkan tenaga. Hal ini nih yang membuat seseorang merasa lemas, mudah lelah, dan kehilangan konsentrasi.

Jadi, makanan manis juga penting ya, tapi inget jangan berlebihan juga biar tidak menimbulkan dampak negatif. Sebenernya banyak juga loh, kuliner manis asli dalam negeri yang selalu menjadi favorit secara turun-temurun. Berikut rekomendasinya :

1. TAPE CIREBON

(NET.CJ/ Reza Nurul Firdaus) 

Siapa yang enggak kenal sama camilam manis lembut yang memiliki khas berwarna hijau ini? Nah pasti semua sudah pada tahu tape ketan kan?  Meskipun makanan ini bisa kalian temui di mana saja, tapi sebetulnya tape ini merupkan makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Namanya Tape Ketan Bakung Tradisional. 

Untuk rasa yang paling otentik,  kalian hanya bisa menemukan di Desa Bakung, Kecamatan Jamblang. Dibuat dari beras ketan yang di fermentasi dengan  ragi kemudian dibungkus dengan daun pisang membuat siapa saja ingin tambah dan tambah terus.

Warna hijaunya alami loh, tidak menggunakan pewarna buatan karena diperoleh dari sari daun katuk. Konon katanya, tape ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan saat ini di produksi oleh generasi ketiga.

Jadi enggak salah ya kalau tape ketan tradisional bakung menjadi opsi menarik buah tangan khas Cirebon. Harganya pun cukup terjangkau  satu tapenya hanya dipatok seribu rupiah saja.

2. SORABI HEJO KARAWANG

(NET.CJ/ Erik Ilayah)

Bagi masyarakat Jawa Barat pasti sudah enggak asing lagi dengan kue sorabi ya. Bentuknya yang bulat dan berbahan dasar tepung beras ini mungkin sudah menjadi kuliner khas yang melegenda. Biasanya sorabi juga dilengkapi dengan gula aren yang dicairkan atau kinca sebagai sausnya.

Nah, jika biasanya kue sorabi hanya berwarna putih tapi di Karawang ada sorabi unik berwarna hijau. Karena berada di kawasan Rangasdengklok, Karawang, kuliner ini dikenal dengan sebutan Sorabi Hijau Rangesdengklok.

Penemunya adalah Maat Kasim yang mengaku mulai menjual sorabi hijau ini dari tahun 1995 dan tetap bertahan hingga sekarang. Karena cita rasanya yang lezat, kini sorabi hijau sudah diakui sebagai oleh-oleh khas Karawang.

Kepopulerannya pun sudah sampai ke Istana Negara dan di nikmatin juga oleh Presiden loh. Oh iya, karena dulu lokasi sorabi ini berada di area Tempat Pemakaman, sorabi hijau ini juga memiliki nama lain yaitu sorabi kuntilanak. Agak serem ya?

3. PUTU JUMBO SIDOARJO

(NET.CJ/ M. Afrizal)

Kue Putu merupakan makanan tradisional yang kini hampir sulit ditemukan ya. Kalau beberapa tahun kebelakang khususnya di daerah Jawa Timur pasti kita sering menemukan kue kelapa manis melewati gang-gang rumah. 

Tapi sedihnya saat ini kita sangat jarang menjumpai kue ini. Bagi yang rindu dengan kue putu jangan khawatir. Kalian bisa menjumpainya di kawasan Jalan Jati Raya Sidoarjo, Jawa Timur. 

Kue Putu di tempat ini berukuran lebih besae dibanding biasanya, maka gak salah jika disebut sebagai Kue Putu Jumbo. Oh ya, pedagang biasanya menjual kue ini sekitar pukul 15.00 WIB dengan harga yang sangat terjangkau yaitu per porsinya Rp15 ribu. 

NET.CJ REZA NURUL FIRDAUS | NET.CJ ERIK ILAYAH | NET.CJ M. AFRIZAL 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments