hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 Desember 2019, 11:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Durian, raja buah yang penuh dengan sensasi ini kerap jadi incaran banyak orang. Di Indonesia sendiri ada puluhan jenis durian yang tersebar di seluruh daerah. Enggak heran jika negara kita ini menjadi negara pemilik jenis durian terbanyak di dunia. Nah, saking melimpahnya, masyarakat punya banyak ide untuk membuat kreasi olahan makanan berbahan durian. Kira-kira apa saja? Berikut ini lima rekomendasi olahan durian yang bisa kalian coba:

1. Es Duren Kombinasi Pa’Kasdi

(NET.CJ Eksani)

Mau yang segar-segar? Di Banyumas, Jawa Tengah tepatnya di depan GOR Satria Purwokerto, ada es buah duren kombinasi Pa’ Kasdi. Sesuai namanya, warung ini terkenal akan kenikmatan es duriannya. Seporsi es durian berisi potongan buah durian yang ditaburi es serut dan dilapisi susu cokelat. Rasanya manisnya durian bercampur dengan cokelat pas banget dan tidak bikin enek.  

Untuk membuat es durian, Pak Kasdi mendatangkan durian dari Medan, Palembang dan Riau. Setiap harinya, ia bisa menghabiskan hingga 80 buah durian. Konon, es durian sudah ada sejak tahun 1969.

Awalnya Pak Kasdi menjajakan dagangannya dengan berkeliling. Namun siring berjalannya waktu ia memberanikan diri untuk membuka warung pada tahun 1980. Kini, es durian Oak Kasdi sudah punya cabangnya. Seporsi es durian dijual seharga Rp16 ribu per porsi.

2. Sop Durian Keju

(NET.CJ Bhekti Setyowibowo)

Ada lagi nih rekomendasi olahan durian buat kamu yang ingin minuman segar. Di kota Malang, tepatnya di Jalan Hamid Rusdi, ada The Bun House yang jadi surganya olahan durian. Enggak perlu khawatir bakal kehabisan, karena stok durian di sini cukup melimpah.

Yang spesial di kedai ini adalah sop durian keju. Nikmatnya buah durian yang harum, bertabur keju melimpah serta lapisan susu kental manis yang manis membuat siapapun yang melihatnya dijamin nelan ludah deh. Apalagi di atasnya ditambahkan potongan buah alpukat. Hmm maknyus!

Selain sop durian keju, kedai ini juga punya pilihan menu berbahan durian yaitu es krim, pancake, risol, hingga es teler durian. Harganya mulai dari Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per porsinya. Kalau mau ke sini, kamu bisa datang antara jam 10.00-16.00 WIB.

3. Gemblong Durian 357 Khas Karanganyar

(NET.CJ Melfi Abra)

Masih di sekitar Jawa Tengah ada olahan makanan berbahan durian berupa gemblong. Gemblong sebenarnya camilan dari singkong yang biasanya berisi gula jawa. Tapi gemblong yang ini beda, karena gemblong durian khas Karanganyar ini berisi durian. Nikmatnya singkong yang renyah dipadu dengan lumernya durian yang lembut. Yummy!

Nah, kalau mau bawa gemblong ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga kamu harus siap-siap antre ya. Saking ramainya, enggak jarang pembeli ikut menggoreng dan mengemas sendiri gemblong yang dibelinya.

Dengan harga Rp2.500 per buah, kamu sudah bisa mencicipi gemblong durian ini. Kamu bisa temui gemblong durian ini di jalur pariwisata menuju Grojogan Sewu, tepatnya di Jalan Raya Solo, Tawamanggu, Desa Popongan, Kecamatan Karanganyar. Warung ini buka dari jam 09.00-17.00 WIB.

4. Bakso Durian

(NET.CJ Thoyyib Asngad)

Dari Jawa Tengah kita ke Jawa Timur, ada lagi olahan durian unik yang bisa kamu taruh di daftar makanan wajib coba. Bakso berisi buah durian! Agak aneh memang tapi kamu bisa mencicipi sensasi gurihnya bakso bercampur dengan legitnya buah durian di Warung Bakso Pita Pitu ini.

Sekilas bakso durian ini nggak terlihat berbeda dengan bakso daging sapi biasa, tapi saat kamu belah baksonya hmm aroma harumnya buah durian langsung menggoda. Sensasi gurih dan pedasnya kuah bakso bercampur dengan manisnya buah durian bikin pengunjung ketagihan. Warungnya terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Kota Bojonegoro. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp12 ribu per porsinya.

5. Durian Kayu Tanam dan Ketan

(NET.CJ Arik Tri Pangestuti)

Lanjut ke Padang, tepatnya di Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Terkenal sebagai daerah penghasil buah durian, di sepanjang tepi Jalan Raya Bukit Tinggi Padang, banyak kios durian. Enggak heran kalau banyak orang yang membawa kendaraan, rela menepi sejenak sekedar untuk makan durian yang terkenal lembut dan manis.

Nah, kalau kamu ke Kayu Tanam, kamu wajib mencoba durian yang dimakan dengan sepiring ketan atau ketupat beras pulut. Harga durian berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp30 ribu per buah. Kalau kamu mau pakai ketan hanya perlu tambah Rp5 ribu per porsi. Cukup murah kan?

NET.CJ EKSANI | NET.CJ BHEKTI SETYOWIBOWO | NET.CJ MELFI ABRA | NET.CJ THOYYIB ASNGAD | NET.CJ ARIK TRI PANGESTUTI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments