hero
(NET.CJ Widya Arianti)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 Desember 2019, 11:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Sebagai orang Indonesia, kita gampang banget menemukan menu bakmi di berbagai daerah. Makanan satu ini bisa ditemukan di mana saja, dari warung pinggir jalan sampai restoran bintang lima. Setiap daerah di Indonesia bahkan punya bakmi khas yang membedakan dengan daerah lain. Harga terjangkau, enak, dan mengenyangkan, membuat bakmi jadi buruan banyak orang. Mungkin kamu juga salah satu penikmat bakmi? Simak dulu 5 pilihan bakmi yang bisa kamu coba:

1. Bakmi Magelang

(NET.CJ Widya Arianti)

Tempat pertama yang kita rekomendasikan adalah Warung Bakmi Pak Prenjak. Salah satu warung bakmi legendaris di Magelang ini ada sejak tahun 1965. Tepatnya di Jalan Diponegoro Nomor 37. Dari berbagai menu bakmi yang ada, bakmi rebus jadi salah satu primadona di warung ini.

Mie yang dipakai untuk membuat bakmi rebus tenyata dibuat sendiri. Bentuknya besar, tingkat kekenyalan pas bercampur dengan gurihnya kuah kaldu ayam dan bumbu rempah-rempah menjadikan kuliner ini wajib dicoba.

Satu porsi bakmi rebus terdiri dari mie, kuah kaldu rempah, telur, sawi, wortel dan ayam. Aroma bawang dan kemiri yang mendominasi bikin pelanggan ketagihan. Untuk menikmati berbagai menu bakmi di warung ini, kamu perlu siapkan uang mulai dari Rp15 ribu.

2. Bakmi Goreng Jawa Mowo

(NET.CJ Desy Wijaya)

Buat kamu yang mau makan bakmi jawa yang beda dari biasanya, kamu mesti coba sensasi makan bakmi jawa di atas tungku yang membara. Menu bakmi jawa goreng yang unik ini bisa kamu temui di Warung Makan Bakmi Mowo yang ada di Jalan Kopral Sayom No. 99, Karanganom, Klaten Utara.

Sebenarnya bakmi goreng mowo tidak jauh berbeda dengan bakmi goreng pada umumnya yakni berisi campuran mie, telur, ayam, irisan daun bawang, sawi, kubis, serta cabe rawit dipadukan dengan racikan bumbu tradisional khas Jawa.

Mie di sini berbeda karena disajikan di atas tungku yang diberi “mowo” dalam bahasa Jawa berarti bara. Untuk menyantap mie ini, kamu cukup merogoh kocek Rp13ribu.

3. Bakmi Kadin

(NET.CJ Ahmad Safrodin)

Masih di Yogyakarta nih, ada Bakmi Kadin yaitu bakmi Jawa yang populer banget. Bakmi ini juga termasuk legenda di Kota Pelajar ini, karena sudah ada sejak tahun 1947. Bakmi ini terkenal dengan cara penyajiannya yang masih tradisional yaitu memasak bakmi di atas anglo dengan arang untuk menjaga aroma tetap khas.

Untuk menjaga kualitas rasa, Iwan Kurniawan, sang pemilik pun ikut mencicipi bakmi sebelum disajikan kepada pengunjung. Mie yang digunakan dijamin aman untuk dikonsumsi karena enggak menggunakan  bahan pengawet.

Tekstur mie yang kecil dan kenyal ditambah kaldu ayam kampung membuat bakmi ini begitu nikmat dan gurih. Dengan harga Rp20 ribu per porsi, kamu bisa nikmati bakmi populer yang laris manis sampai tiga generasi ini. Kamu bisa temui kedai bakmi ini di Jalan Bintaran Kulon Nomor 6.

4. Bakmi Jowo Babat Iso

(NET.CJ Mastio R Gulfara)

Kita lanjut ke rekomendasi bakmi berikutnya, yaitu bakmi jowo babat iso yang ada di Jalan Fatmawati, Semarang. Kalau biasanya bakmi jowo identik dengan suwiran daging ayam kampung, tapi bakmi yang satu ini beda karena olahannya diberi tambahan babat iso sapi.

Cita rasanya nikmat dengan campuran rempah-rempah khas turun temurun, bahkan terasinya dibuat sendiri oleh Pak Doyok, sang pemilik. Kedai ini buka dari jam 22.00 WIB sampai jam 05.00 dini hari. Seporsinya hanya Rp12 ribu, cukup murah kan?

NET.CJ WIDYA ARIANTI | DESY WIJAYA | LINDA SARIFATUN | MASTIO R GULFARA | AHMAD SAFRODIN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments